Tips Tampil Cantik dan Mempesona dengan “Lilitan” Batik

Bagi seorang wanita tampil cantik dan mempesona merupakan sebuah keharusan. Terkadang wanita rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli busana khusus ke sebuah acara.

Pemborosan untuk membeli pakaian pesta pada setiap pesta sebenarnya bisa dihindari. Caranya, hanya perlu memiliki sebuah kain batik untuk bisa tampil cantik dan mempesona saat ke acara-acara khusus. Kain batik akan membedakan penampilanmu kamu dengan orang lain.

Untuk menggunakan kain batik yang belum dijahit menjadi busana, kamu hanya perlu mempelajari teknik lilitan. Ini adalah teknik menggunakan kain batik dengan dililit yang sudah ada sejak Indonesia masih zaman kerajaan.

Mengenakan kain batik dengan teknik lilitan sangat cocok digunakan di berbagai kesempatan. Bahkan, batik yang dililit  bisa dipakai bersama busana batik dengan motif lainnya, sehingga kamu akan lebih cantik dan menawan.

Tak terbatas untuk para wanita, teknik ini juga bisa digunakan untuk kaum pria. Untuk pria, kain batik yang dililit biasanya hanya bisa dijadikan syal atau sarung. Walaupun nampak sederhana, tapi tetap elegan dan sarat nilai tradisinya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan kain batik dengan teknik lilitan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

Tekstur kain batik harus kuat

Jika tekstur kain batik tidak kuat, kain batik yang dililit bisa sobek. Kain batik yang dililit bisa terbuat dari kain sutra, katun dan viscose.

Mudah dibentuk

Tidak hanya memiliki tekstur yang kuat, kain batik juga harus lentur dan mudah dibentuk untuk bisa dijadikan rok, gaun, ikat kepala maupun syal. Karena bila terlalu kaku kamu akan sangat sulit untuk membentuk  lilitan.

Sesuaikan perpaduan warnanya

Terakhir, yang mesti kamu perhatikan yakni usahakan warna kain batik yang dililit serasi dengan busana yang akan dikenakan. Jangan sampai kamu malah terlihat tidak serasi.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *