Membuat Rumah Lebih Indah dengan Cap Batik

Tahukan kamu dengan batik cap? Batik cap merupakan salah satu dari dua batik yang dikenal secara umum oleh masyarakat Indonesia selain batik tulis.

Tidak seperti batik tulis yang pekerjaannya murni menggunakan tangan dan canting untuk menggoreskan malam, pada batik cap para perajin hanya menggunakan cap yang sudah berbentuk motif batik. Batik cap sendiri cenderung memiliki pola yang sama dan harganya jelas lebih murah karena waktu pengerjaannya yang lebih sebentar.

Para pembuat cap batik pada saat ini juga sudah mulai berkurang dan sulit didapatkan jika tidak memesan secara khusus. Padahal cap batik dibuat untuk menghasilkan pola rumit dan indah.

Baca juga:
Bagaimana Canting Batik Cap Dibuat?
Tak Kalah Rumitnya Dengan Tulis, Begini Proses Batik Cap Tercipta

Namun kini para pembuat cap batik bisa sedikit bernafas lega, karena cap batik saat ini bisa dijadikan menjadi interior rumah. Melalui tangan dingin Erwinn Firmansyah, cap batik tersebut masih bisa dimanfaatkan namun beralih fungsi untuk membuat ruangan rumah menjadi indah.

Menurut Erwinn, saat ini para penggemar batik fanatik lebih memilih batik tulis dibandingkan dengan batik cap. Padahal cap batik mempunyai pola estetik yang mengagumkan dan terbilang sulit untuk bisa membuatnya.

“Ditambah lagi batik dibombardir dengan batik printing yang jauh lebih murah, akhirnya pengrajin cap batik ini banyak yang gulung tikar,” kata dia, seperti dikutip Liputan6.com.

Untuk menjadikan cap batik menjadi hiasan di rumah kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut :

  1. Cap batik yang ingin dijadikan hiasan rumah harus dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Sebaiknya memiliki cap batik yang mempunyai motif padat, seperti cap untuk motif Batik Solo.
  3. Lepas gagang yang digunakan sebagai pegangan di cap.
  4. Sediakan media untuk diaplikasikan dengan cap batik bisa dari limbah atau barang bekas seperti kayu, plywood dan fiber untuk menambah keindahan hiasan tersebut.

Cap batik yang digunakan menambah keindahan interior rumah akan membuat rumah kamu terkesan mewah dan artistik. Para tamu dan keluarga dekat lainnya pasti akan betah serta ingin berlama-lama di rumah kamu.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *