Tebing Lamreh, Keindahan Aceh yang Tersembunyi

Pesona alam Indonesia tak hentinya menyuguhkan keindahan untuk memanjakan mata mereka yang mengunjunginya. Keindahan alam ini terbentang dari barat hingga ke timur Indonesia dengan berbagai kelebihan potensi alam yang berbeda-beda.

Salah satu destinasi wisata alam yang masih alami dan menantang adalah Tebing Lamreh. Tebing ini terletak di Desa Lamreh, sebuah desa yang berada di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Tidak hanya Tebing Lamreh, ada pula wisata pantai Lhok Mee yang berada di bawah Tebing Lamreh. Anda pasti dapat membayangkan keindahan perpaduan tebing dan pantai itu.

Baca juga:
Bukan Sembarang Gerakan, Inilah Makna Dibalik Tarian Saman Aceh
Menikmati Alam Bekas Pertambangan Di Sleman

Bali memiliki tebing yang terkenal, salah satunya adalah Uluwatu. Maka di Aceh memiliki Tebing Lamreh yang merupakan anjungan batu karang terjal dan tinggi yang menjorok ke laut. Keindahannya sering disamakan dengan Uluwatu.

Jika Anda berada di atas tebing Lamreh, Anda akan melihat garis pantai laut lepas sehingga terasa seperti berada di ujung dunia. Sementara pantai Lhok Mee dengan pemandangan air pantai yang masih bersih dan berpasir putih, menambah keindahan perpaduan antara tebing dengan pantainya.

Bukit Lamreh akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah menawan. Misalnya, pantai pasir putih yang sangat terkenal di Aceh serta pulau Amat Ramanyang dan Tanjung Kelindu yang dapat dilihat dari Tebing Lamreh.

Sayangnya, lokasi wisata ini belum banyak dikunjungi wisatawan, karena akses jalan menuju lokasi wisata yang cukup sulit. Jarak tempuh dari Banda Aceh sekitar satu jam melewati Pelabuhan Malahayati sejauh 1 km. dari situ Anda akan mendapatkan pintu masuk besar yang bertuliskan “Welcome to wisata Puncak Tebing”.

Perjalanan Anda menuju Tebing Lamreh akan dimanjakan dengan jajaran pohon jamblang sejauh mata memandang. Sekitar bulan Agustus Anda dapat memetik buah jamblang yang tengah berbuah banyak. Masyarakat setempat memanggilnya dengan “Boh Jambe Kleng”.

Harga tiket untuk dapat menikmati wisata ini sebesar IDR10.000,- di awal dan IDR5.000,- di akhir, totalnya Rp. 15.000,-. Sangat murah tentunya dengan pemandangan yang sangat indah memukau di depan mata.

Untuk rute mencapai lokasi Tebing Lamreh memang agak sulit, Anda harus menggunakan jasa sewa motor yang tersedia dengan biaya sekitar IDR10.000 per orang untuk dapat sampai ketujuan.

Sebagai destinasi wisata baru, belum tersedia hotel ataupun penginapan di area tersebut. Bahkan, fasilitas umum seperti kamar kecil pun belum ada. Anda bisa kembali turun dan masuk ke kota untuk mendapatkan penginapan.

Bila Anda mengunjungi Tebing Lamreh pada hari biasa, sangat disarankan untuk membawa persedian air minum dan makanan sendiri, karena selain hari minggu dan hari libur, tidak ada yang berjualan di lokasi ini karena tidak banyak wisatawan yang datang.

Bagi Anda yang menyukai petualangan dengan camping, Anda diharuskan untuk mengurus perizinan dengan Kepala Pemuda Desa Lamreh agar lebih aman dan tidak perlu takut bila pemuda Desa Lamreh mendatangi Anda.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *