Menikmati Segala Pesona Pulau Samosir

Bagi masyakarat Batak, khususnya Batak Samosir, keberadaan Pulau Samosir amat berarti. Sebab pulau yang terbentuk dari proses vulkanik puluhan ribuan tahun lalu ini bagi mereka memiliki nilai dan kebanggaan tersendiri.

Di pulau seluas 640 km2ini kita memang akan mendapati banyak hal yang menarik. Bahkan begitu menarik dan populernya, pulau yang berada di tengah Danau Toba ini dijuluki sebagai permata danau toba dan juga menjadi destinasi wisata unggulan Sumatera Utara.

Di Pulau yang berada di Kabupaten Samosir ini kita akan bisa mendapati budaya Batak yang sangat terkenal. Budaya Batak akan semakin terasa saat Anda menjejakkan kaki di Desa Ambarita.

Baca juga:
Mari Mengenal Batik Gorga, Batik Asli dari Batak
5 Hal yang Paling Asyik Dilakukan di Sekitaran Danau Toba

Di Desa Ambarita kita bisa melihat beberapa situs kebudayaan Batak yang ternama. Salah satu situs purbakala masyarakat Batak di desa ini adalah makam Raja Sidabutar yang dianggap orang pertama yang berada di Pulau Samosir. Selain itu, di desa adat Ambarita Anda juga bisa menyaksikan beberapa rumah adat khas Batak yang masih terpelihara.

Kesenian khas Batak seperti Sigale-Gale juga bisa Anda jumpai di Desa Ambarita. Dengan wujud tarian boneka kayu yang digerakkan manusia, tarian Sigale-Gale ini selalu memukau siapa pun yang melihatnya.

Tarian tortor khas masyarakat Batak. Foto: monster-bego.blogspot.co.id

Tarian Sigale-Gale yang diiringi musik tradisional ini seringkali ditampilkan pada acara-acara adat termasuk  acara budaya di Pulau Samosir.

Selain nuansa budaya, di Pulau Samosir Anda juga bisa mendatangi beberapa wisata alam. Beberapa wisata alam yang dapat dinikmati antara lain danau sidihoni, danau aek natonang, kebun raya samosir, mata air panas pangururan, air terjun simangande, aek porogan, bukit beta, dan aek liang samosir.

Karena berada di tengah Danau Toba maka untuk menuju Pulau Samosir ini Anda harus menyeberang dengan kapal feri. Penyeberangan ke Pulau Samosir banyak dilakukan melalui Pelabuhan Tigaraja yang berada di Kota Parapat,  Kabupaten Simalungun.

Tarif penyeberangan ke Pulau Samosir ini adalah IDR 5.000 per orang hingga IDR 10.000 per orang jika membawa kendaraan. Untuk faslilitas yang ada di Pulau Samosir ini sudah terbilang baik. Beberapa sarana seperti pom bensin, restoran, cafe, ATM dan juga hotel bisa Anda jumpai. Sinyal telekomunikasi di Pulau Samosir ini juga sudah terbilang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *