Batik Singkawang yang Mulai Merambah Pasar Malaysia

Singkawang yang berada di Kalimantan Barat memang tidak terlalu jauh keberadaannya dengan Kota Kuching, Malaysia. Kedekatan kedua kota ini membuat banyak produk hasil kerajinan tangan asal Kota Seribu Klenteng tersebut dijual di Malaysia.

Salah satu kerajinan tangan asal Kota Singkawang yang mulai terkenal di Kuching, Malaysia yakni Batik Singkawang. Mungkin sebagian besar dari kita masih asing mendengar kata Batik Singkawang. Batik ini memang menjadi salah satu jenis batik modern era tahun 2000, saat masyarakat Singkawang mulai mengenal kerajinan batik.

Baca juga:
Kain Sasirangan Khas Kalimatan yang Mirip dengan Batik
Menelusuri Jejak Sakral Ritual Tiwah di Kalimantan Tengah

Priska Yeni Riatno merupakan salah satu orang yang memperkenalkan Batik Singkawang. Wanita yang pernah berkuliah di Jogja ini, membuat sebuah batik dengan motif yang diambil dari ciri khas Kota Singkawang yakni Bunga Anggrek Singkawang.

“Mulanya sih belajar sama eyang ketika kuliah di Jogja. Ketika pulang ke Singkawang, saya membuka usaha batik, selain hobi juga ingin memperkenalkan batik ke masyarakat Singkawang,” kata Priska seperti dikutip Tribun Pontianak.

Batik Singkawang dengan motif Bunga Anggrek Singkawang sendiri merupakan motif pertama yang dikembangkan Priska. Namun belakangan ini, dia berhasil mengembangkannya menjadi berbagai motif yang mencerminkan Kota Singkawang seperti Hutan Borneo, Ikan Arwana, dan lainnya.

Hampir sama dengan pembuatan batik di Pulau Jawa, batik Singkawang ini menggunakan teknik batik tulis. Harga yang ditawarkan pun tergantung dari harga termurah sekitar Rp 250 ribu sampai Rp 1,5 juta per dua meter.

Mulai terkenalnya Batik Singkawang membuat Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga mencoba mempromosikan lagi batik tersebut dalam acara Timber Expo di Kuching, Malaysia baru-baru ini. Keberadaan Batik Singkawang dengan menggunakan teknik batik tulis memang sangat menarik perhatian para wisatawan dari negera tetangga tersebut.

Terlebih lagi jarak antara Kota Kuching, Malaysia dan Singkawang yang bisa ditempuh melalui jalur darat akan memudahkan para wisatawan dari Malaysia untuk bisa datang langsung membeli Batik Singkawang.

Keikutsertaan batik Singkawang dalam Timber Expo bertujuan untuk demi melatih mental para perajin batik muda di Kota Singkawang untuk memamerkan karyanya di luar negeri. Hal ini sekaligus mempromosikan Kota Singkawang yang sudah mulai mempunyai batik khas.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *