Ayo Berkunjung Ke Kampung Batik Tasikmalaya

Sentra pembuatan batik tidak hanya berada di Yogyakarta, Solo, atau Pekalongan tetapi di Jawa Barat pun juga terkenal dengan setra pembuatan batiknya yang dikenal dengan sebutan batik Priangan. Dari segi kualitas pun tidak kalah dengan batik hasil produksi dari daerah di Jawa Tengah maupun dari daerah lainnya di luar pulau Jawa.

Batik Tasikmalaya secara umum memiliki karekteristik yang cukup kuat dan berbeda dengan batik yang berasal dari Jawa Tengah, hal ini terlihat dari penggunaan warna-warna cerah seperti, merah, hijau, dan biru.

Sentra batik Tasikmalaya sendiri terletak di Kampung Ciroyom danCigeureung, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Tasikmalaya.

Baca juga:
Pasir Kirisik, Wisata Teranyar di Tasikmalaya
Tak Banyak yang Tahu, Tasikmalaya Juga Punya Batik Andalan

Hingga saat ini tidak kurang dari 28 Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  menekuni industri batik serta mampu menciptakan batik dengan kualitas yang bersaing. Sentra batik ini mengerjakan dua teknik pembuatan, yaitu batik tulis dan cap. Untuk harga batik tulis tentunya lebih mahal dari harga batik cap karena pengerjaannya yang membutuhkan waktu lebih panjang serta memerlukan keahlian khusus.

Sentra batik yang terkenal dengan nama Kampung Batik di Cigeureung ini merupakan salah satu upaya pemerintah setempat dalam mengembangkan produk batik khasTasikmalaya agar menjadi produk unggulan daerah. Pengerjaan batik di kampung batik Tasikmalaya telah dikerjakan secara turun temurun.

Perajinnya melakukan proses produksi batik di rumahnya masing-masing, sehingga tidak ada batasan waktu berkunjung bagi wisatawan  yang ingin melihat langsung proses membatik.

Kehadiran kampung batik diharapkan dapat merangsang kalangan anak muda agar dapat meneruskan jejak pendahulunya menjadi pembatik sehingga timbul proses regenerasi perajin batik muda di setiap keluarga. Selain itu, juga bisa menjadi salah satu alternatif wisata belanja batik di Tasikmalaya.

Lokasi sentra batik di Tasikmalaya ini dapat diakses dengan mudah. Pengunjung yang datang dari Bandung atau Jakarta dapat melalui jalan dari Rajapolah sekitar 30 menit, hingga berada di perempatanToserba Yogya kemudian belok kekiri.

Di perempatan tersebut terpasang gapura besar yang bertulisakan Sentra Kerajinan Batik Tasikmalaya. Kamu dapat terus mengikuti jalan sekitar 10 menit, melintasi rel. Di situ sudah terlihat toko-toko yang menjual Batik Tasik.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *