Menikmati Alam Bekas Pertambangan Di Sleman

Pada awalnya tidak ada yang menyangka bahwa tempat bekas pertambangan ini bisa jadi populer dikunjungi wisatawan. Sebab kawasan yang sudah dijadikan area pertambangan sejak tahun 1980-an ini nampak begitu gersang.

Dengan modal kreativitas, masyarakat setempat berhasil mengubah dan menyulap area ini menjadi tempat yang indah dengan nama Taman Tebing Breksi.

Taman Tebing Breksi berada di area bukit pertambangan batuan breksi dengan tebing yang tinggi. Setelah diresmikan sebagai obyek wisata oleh Gubernur D.I Yogyakarta pada 30 Mei 2015, Taman Tebing Breksi pun semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Baca juga:
Inilah Candi Tertinggi di Yogyakarta dengan Nuansa Panorama Alam yang Memukau
Waterpark Terbesar se-Indonesia Itu Ada di Yogyakarta

Pesona Taman tebing Breksi akan mengingatkan kita pada Green Canyon di Amerika Serikat dan juga Brown Canyon di Semarang. Meski punya tebing yang tinggi, Anda bisa mengeskplorasi taman ini hingga ke puncak bukit dengan tangga yang dibuat pengelola dari bebatuan yang dipahat.

Foto: trivindo.com

Sesampainya di atas bukit ini Anda bisa menikmati panorama atau pemandangan indah seperti Candi Prambanan, Gunung Merapi, Candi Sojiwan, dan Candi Barong. Taman Tebing Breksi tidak hanya menghadirkan panorama alam yang indah, tapi di sini Anda juga bisa melihat sebuah tempat teater terbuka yang mirip koloseum di Italia bernama Tlatar Seneng.

Tlatar Seneng juga dikonsep dengan kreativitas dari batuan bekas penambangan yang dipahat hingga menciptakan amphitheater yang mengangumkan dengan area tempat duduk dan panggung berbentuk bulat ala tempat pertunjukan seni.

Kegiatan yang paling sering dilakukan pengunjung selain menikmati pemandangan di sini adalah berfoto-foto. Dengan latar tebing yang eksotik, memang membuat area ini sangat tepat untuk mengambil gambar yang keren dan instagrammable. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan tepat ini sebagai tempat foto pre-wedding.

Waktu terbaik datang ke Taman Tebing Breksi ini adalah pada sore hari atau malam hari. Ketika sore hari selain suhu udara yang sudah bersahabat, Anda juga bisa melihat cantiknya pemandangan matahari tenggelam. Sementara itu pada malam hari Anda bisa menjumpai panorama indah lampu sorot yang diarahkan ke sisi tebing.

Untuk masuk dan menikmati wisata Taman Tebing Breksi pengunjung hanya dibebankan biaya parkir kendaraan sebesar IDR 2.000/ unit kendaraan.

Taman Tebing Breksi yang berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta ini berjarak 18 km dari Kota Yogyakarta yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 40-45 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *