Yuk Membuat Sandal Kamar dari Kain Perca Batik

Pernah kamu membuat kemeja atau pakaian lainnya dari kain batik? Jika pernah pastinya akan ada bahan tersisa yang terbuang saat membuat pakaian dari batik. Nah, sebaiknya kamu jangan cepat-cepat membuang bahan sisa tersebut.

Bahan kain batik sisa itu bisa kamu jadikan berbagai barang yang bagus dan tentunya berguna di kemudian hari. Salah satu barang yang bisa kamu buat dari bahan kain batik sisa yakni sendal kamar. Kebanyakan orang sering menyembutnya dengan sendal hotel.

Sandal kamar memang didesain untuk digunakan di dalam rumah saja. Bila kamu menggunakan sendal ini untuk berpergian keluar rumah dipastikan sendal akan cepat rusak karena bahan yang digunakan adalah bahan kain tipis yang amat ringan sehingga tidak tahan lama.

Bahan dan alat yag diperlukan untuk membuat sepatu hotel ala batik antara lain kain batik, busa, kertas karton, benang nilon, jarum jahit, gunting, lem uhu, dan meteran atau penggaris.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat membuat sendal kamar dari batik sisa yakni membuat pola sendal. Pola digambar di atas kertas karton sesuai dengan ukuran kaki yang diinginkan. Kemudian siapkan busa, selanjutnya ukur spon sesuai denggan besarnya pola sebanyak empat lembar atau dua pasang.

Setelah itu ambil kain batik sisa, kemudian ukur sesuai dengan pola di atas kain. Beri jarak lebih sekitar 2 cm untuk lipatan. Setelah itu bisa kain batik sisa itu bisa langsung dipotong.

Buat tali sandal kamar dari spon yang sudah dilapisi kain batik sesuai dengan ukuran besar kakimu. Selanjutnya, spon dan kain batik sisa yang sudah terbentuk pola sendal bisa disantukan dengan dilem. Kemudian tali sandal dipasang dengan cara menyisipkan pada lapisan spon.

Langkah terakhir, jahit keliling sendal tersebut supaya kuat menggunakan benang nilon. Jika tak ada mesin jahit bisa menggunakan tangan.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *