Begini Cara Memilih Pakaian Batik Untuk Buah Hati Anda

Stigma batik yang dahulu hanya digunakan oleh orang tua saja sudah mulai tergeser saat ini. Batik saat ini sudah menjadi fesyen bagi kaum muda yang bisa membuat mereka tampil trendi dan berbeda dari pada lainnya.

Lalu, apakah anak-anak cocok menggunakan batik? Jawabannya tentu iya.

Saat ini banyak sekali pakaian batik yang dibuat khusus anak-anak, bahkan terkadang modelnya lebih bervariasi dibandingkan batik dewasa. Namun sebelum Anda membelikan pakaian untuk buah hati, ada baiknya membaca tips dan trik ini.

Membuat anak tampil cantik dan gagah bisa dengan menggunakan beberapa model batik. Namun orang tua harus jeli memilih model batik yang ingin digunakan oleh anak, seperti memilih warna baju batik yang sesuai dengan selera anak. Sehingga hal itu akan membuat anak menyukai batik dan membuatnya tampil cantik, gagah dan serasi dengan Anda.

Bagi anak laki-laki pada umumnya jenis pakaian batik yang bisa digunakan adalah kemeja. Sedangkan untuk anak perempuan lebih cocok menggunakan dress batik dengan lengan yang pendek saja. Berikut kiat-kiat untuk memilihkan baju untuk anak-anak.

  1. Ada baiknya saat memilih pakaian batik untuk anak sebaiknya langsung mengajak buah hati. Hal ini bisa memudahkan para orang tua untuk mendapatkan ukuran dan corak motif yang sesuai dengan anaknya.
  2. Ada baiknya para orang tua juga sedikit memperkenalkan batik-batik yang ada. Ini untuk mengajarkan anak mengenal budaya batik yang sudah menjadi warisan budaya bangsa sejak usia dini.
  3. Sebaiknya tidak memaksa anak mengenakan batik sesuai dengan keinginan orang tua sendiri. Orang tua ada baiknya memberikan kebebasan kepada anak untuk bisa memilih motif dan desain batik sesuai dengan kemauan sang anak.
  4. Jika terpaksa orang tua yang memilihkan pakaian batik, alangkah baiknya menyuruh anak untuk mencobanya langsung. Kemudian tanyakan apakah suka atau tidak dengan batik itu.

Itulah beberapa tips dan trick untuk memilihkan pakaian batik bagi anak Anda. Anak yang sudah sering mengenakan batik sejak kecil tentunya bisa terus mencintai batik hingga dewasa nanti yang berarti sudah ada generasi penerus pecinta batik.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *