Aplikasi Ini Mudahkan Siapapun yang Ingin Membuat Desain Batik

Selama ini para perajin batik selalu menggambar pola batik di atas sebuah kertas terlebih dahulu sebelum disalin ke kain yang akan digunakan untuk membatik. Namun bagi kamu yang baru belajar dan tidak bisa menggambar terkadang menyerah begitu saja untuk membuat batik.

Kini masalah itu sudah bisa diatasi dengan adanya aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat pola batik. Aplikasi tersebut bernama jBatik yang menggunakan teknik ilmu ukur atau fraktal dalam membuat pola batik. Hal ini akan memudahkan kamu membuat pola batik tulis yang terkenal sulit dan harus memiliki ketelitian tinggi.

Jika dilihat sekilas, kita pasti beranggapan penggunaan aplikasi ini sangatlah rumit. Apalagi penggunaan rumus fraktal sendiri memang terbilang rumit. Secara umum, fraktal merupakan benda geometris yang kasar dari berbagai skala. Konsep matematis pada fraktal akan membuat model banyak dimensi dan dapat membuat desain indah.

Contonya, sebuah batik berbentuk dasar segitiga. Dari dimensi segitiga ini dapat dibuat sebuah dimensi lain yang semakin kompleks. Namun pada aplikasi jBatik yang menggunakan rumus fraktal, metode pembuatan desain batik menjadi semakin mudah.

Pada saat tampilan awal aplikasi jBatik, kamu bisa melihat kotak putih dan hitam. Tampilan ini merupakan dasar ketika ingin menggambar motif batik. Selanjutnya, kamu bisa ke menu library dan memilih beberapa motif yang disukai.

Setelah memilih salah satu motif tersebut, tampilan akan berubah menjadi seperti motif yang kamu pilih tadi. Motif itu akan mengisi pola dasar pada batik. Untuk membuatnya menjadi lebih indah, kamu bisa memilih motif lainnya dan menggambungkannya dengan motif dasar tadi.

Paduan kedua motif itu sudah membentuk pola batik yang lebih rapih dan indah sesuai dengan keinginan si pengguna. Tidak terlalu sulit, bukan? jBatik ini sangat memudahkan kamu yang tidak bisa menggambar sebuah pola batik.

Metode pembuatan pola melalui jBatik ini sendiri tidak menghilangkan metode tradisional yang sudah ada dalam pembuatan batik. Aplikasi ini hanya membantu proses membuat desain dan pengaplikasian pada busana batik saja. Kamu harus tetap melalui proses mencanting dengan malam saat mengaplikasikan desain yang dibuat melalui jBatik di atas sehelai kain.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *