Wall Koto Gadang, Menikmati Tembok Besar China ala Indonesia di Bukittinggi

Sebagai salah satu 7 keajaiban dunia, Tembok Besar China memang selalu memikat siapa pun untuk datang. Namun bagi orang Indonesia tentu datang ke China adalah sesuatu yang sulit karena jauh dan membutuhkan biaya mahal.

Nah, Anda bisa mengganti liburan ke Tembok Besar China dengan berkunjung ke Wall Koto Gadang. Wall Koto Gadang sering disebut juga dengan Great Wall of Koto Gadang atau Janjang Saribu ini memang menawarkan wisata yang mirip dengan wisata Tembok Besar China.

Baca juga:
Bukit Langkisau, Tempat Paling Romantis di Pesisir Selatan
Pantai Air Manis dan Kisah Legendaris Malin Kundang

Meski tak sama persis, namun Anda dijamin bisa merasakan sensasi yang tak jauh berbeda dengan wisata ke tembok besar di negeri tirai bambu tersebut. Di Tembok Besar China pengunjung harus melakukan trekking menyusuri benteng tembok, maka di Wall Koto Gadang ini Anda juga bisa melakukannya.

Foto: padangalphardrental.com

Berjalan kaki di Wall Koto Gadang memang tidak sepanjang di wisata Tembok Besar China. Namun dengan panjang lintasan Wall Koto Gadang dari Kota Bukit Tinggi ke Nagari Koto Gadang yang mencapai 1,5 km akan tetap membuatmu puas dan lelah. Bahkan karena terbilang cukup jauh dengan medan yang naik turun, Anda disarankan untuk mempersiapkan stamina dan fisik sebelum ke sini.

Selain kegiatan trekking, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta berfoto dengan latar belakang tembok bergerigi khas tembok China. Pemandangan yang ada di Wall Koto Gadang ini akan membuat Anda terpana. Sebab di sini kamu bisa melihat Ngarai Sianok dari jarak yang sangat dekat.

Beberapa pemandangan tebing tinggi, hamparan sawah dan aliran sungai pun akan membuat perjalanan Anda ke puncak tembok menjadi semakin seru. Di bagian akhir jalan yang merupakan sebuah bukit, kamu bisa melihat pemandangan ngarai Sianok dari sudut yang berbeda dan juga taman kota di Jalan Panorama.

Wall Koto Gadang tidak memungut tarif. Kamu hanya perlu mempersiapkan biaya untuk parkir dan juga makan dan minum di beberapa warung di sepanjang jalan bila kelelahan. Sesampainya di akhir jalan dan sudah lelah, Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk kembali ke Kota Bukittinggi dengan tarif IDR 10.000.

Lokasi Wall Koto Gadang ini sangat dekat dengan wisata Lobang Jepang dan Benteng Fort De Kock. Sementara dari lokasi jam Gadang hanya berjarak 2 km saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *