Batik Oncom Kreasi Terbaru dari Kabupaten Bandung Barat

Sekitar tahun 2014 sampai 2015, batu akik  sangat digandrungi masyarakat. Salah satu batu akik yang sangat cari yakni batik akik oncom berasal dari Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Namun secara perlahan batu akik mulai menghilang dari masyarakat.

Demi melestarikan batu akik oncom, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya memiliki ide kreatif dengan menjadikan motif batu akik oncom ke dalam sebuah batik.

Baca juga:
Inilah 5 Taman di Bandung yang Wajib Disambangi
Siapa Pemenang Sayembara Desain Motif Batik Paguyuban Pasundan?

Batik Oncom yang dikenal saat ini dikenal sebagai buatan perajin Kabupaten Bandung Barat. Ide awalnya memang berasal dari batu akik oncom. Menurut Maman, batu akik oncom mempunyai ciri khas tersendiri yang sangat unik di mana bisa dibuat berbagai motif menarik untuk batik.

“Batik ini memiliki motif golden atau pencawarna oncom. Selain ada motif oncomnya, kami juga memadukannya dengan bunga bakung,” kata Maman.

Filosofi yang terpadu dari motif golden atau pancawarna oncom dengan gambar bunga bakung memiliki makna tersendiri. Bunga bakung atau yang disebut dengan bunga lily merupakan sekumpulan tanaman hias yang sangat indah dengan berbagai warna dan bisa hidup diberbagai lingkungan. Makna dari bunga bakung diibaratkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bisa menyesuaikan dengan lingkungan kerjanya.

Sementara untuk makna warna golden atau pancawarna oncom dimaksudkan untuk memberikan ciiri khas Kabupaten Bandung Barat terhadap batik Oncom. Warna oncom ini diambil dari warna batik akik oncom yang berasal dari daerah tersebut.

Demi memperkenalkan batik Oncom, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat melalui Bupati Abubakar dan Sekdanya sering mengenakan baju batik Oncom pada acara-acara tertentu. Bahkan beberapa PNS di Setda Kabupaten Bandung Barat sudah mengenakan baju Batik Oncom tersebut.

Tak hanya itu, batik Oncom sendiri saat ini masih dalam proses dipatenkan di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) agar tidak diklaim oleh perajin batik dari luar daerah Kabupaten Bandung Barat.

Munculnya motif batik Oncom dari Kabupaten Bandung Barat ini diharapkan mampu menambah khasanah batik Indonesia. Motif-motif yang diambil dari keunikan sebuah daerah seperti Batik Oncom secara langsung bisa memperkenalkan daerah tersebut ke masyarakat yang belum mengetahuinya.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *