Batik Majapahitan Andalan Kabupaten Mojokerto

Majapahit merupakan sebuah kerajaan terbesar di Indonesia yang konon wilayah kekuasaannya hingga meliputi daerah Asia Tenggara pada zaman dahulu. Sebagai sebuah kerajaan besar yang pernah berdiri, tentunya Majapahit memiliki peninggalan motif-motif batik yang menjadi simbol dan identitas diri kerajaan.

Berbagai motif-motif yang pernah menjadi simbol Kerajaan Majapahit saat ini kembali dihidupkan kembali melalui batik. Ya, batik motif Majapahitan merupakan motif batik yang khas dari para perajin batik asal Mojokerto, Jawa Timur.

Salah satu batik motif Majapahitan yang terkenal dan cukup digemari oleh para pembeli yakni Batik Jumput Surya Majapahit. Berbeda dari batik lainnya, Batik Jumput Surya Majapahit ini memadukan teknik batik tulis dan jumput saat pembuatannya. Hasilnya pun sangat indah dan tak kalah dengan batik-batik lainnya.

Sama seperti pembuatan dalam batik tulis lainnya, batik Jumput Surya Majapahit berawal dari mencatingkan lilin ke permukaan kain sesuai dengan sketsa yang sudah dibuat. Sketsa motif yang dibuat yakni Surya Majapahit yang merupakan motif khas Batik Mojokerto dan diambil dari simbol Kerajaan Majapahit.

Usai dibubuhi malam, batik Jumput Surya Majapahit mendapatkan sentuhan teknik tambahan yakni teknik jumput. Pengerjaannya pun cukup sederhana namun membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi.

Kain batik diikat dengan tali plastik atau karet gelang yang kemudian dikasih isian biji buah Juwet di beberapa titik. Setelah diberikan warna, maka gradasi warna di sela-sela simbol Surya Majapahit akan timbul dan menjadi perpaduan yang cukup indah.

Selain lambang Surya Majapahit, batik motif Majapahitan juga menggunakan motif-motif seperti uang China Kuno serta pohon dan buah Maja yang juga ada kaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Keunikan lainnya yang dimiliki batik Majapahitan yakni soal warna. Dulu, batik khas Majapahit hanya menggunakan warna coklat, tapi kini para pembatik Majapahitan sudah menyesesuaikan dengan permintaan konsumen.

Mojokerto sebagai daerah yang memiliki Batik Motif Majapahitan melalui pemerintah daerah setempat terus mengembangkan batik ini. Para perajin batik Majapahitan pun selalu mendapatkan pendampingan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, misalnya lewat pelatihan bagi warga yang memang berniat melestarikan batik Majapahitan.

Kamu tertarik dengan batik Majapahitan khas Mojokerto? Jika tertarik kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari IDR 80 ribu sampai IDR 3,5 juta per potong kain. Batik Motif Majapahitan sendiri mudah sekali didapatkan di daerah seperti Bali, Jakarta, dan Sumatera.

 

Penulis : Atung Nugroho

Foto :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *