Mau Belajar Mencanting Batik? Baca Dulu Ini

Mencanting merupakan sebuah proses pembuatan batik yang sangat penting, pada proses ini kamu harus mencoret malam menggunakan canting di atas sehelai kain yang sudah terdapat pola. Namun tahukah bagaimana posisi mencanting batik yang baik dan benar agar bisa menghasilkan sebuah batik berkualitas?

Posisi mencanting yang baik dan benar akan memudahkan pergerakan tangan mencoretkan canting di atas kain. Mulai dari pencidukan cairan malam, membawanya ke dekat kain hingga menorehkannya di atas kain menjadi lebih nyaman.

Baca juga:
Tips Membuat Tas Laptop Dari Batik Tak Terpakai
Batik Cepat Rusak Saat Disimpan di Lemari? Baca Tips Ini

Berikut tips dan trik posisi yang baik dan benar saat mencanting

  1. Letakkan kompor di sebelah kanan atau sebelah kiri bagi yang kidal tepat di arah pukul 2 tubuh kamu. Usahakan jarak kompor yang di atasnya berisi cairan malam itu lurus dengan tangan kamu. Sebisa mungkin jangan menempatkan kompor persis di depan tubuh kamu.
  2. Usahakan duduk sejajar dengan kain yang akan kamu batik. Jangan sampai duduk tegak lurus menghadap kain tersebut, hal ini bisa mengganggu pergerakan tangan kamu saat menggunakan canting. Selain itu bisa membuat kamu terkena tetesan cairan malam.
  3. Gunakanlah tempat duduk dingklik atau bangku kecil yang terbuat dari kayu. Jangan menggunakan bangku kecil dari plastik karena permukaannya licin. Sebisa mungkin cari dingklik yang memiliki tinggi seimbang dengan kompor.
  4. Siapkan taplak atau kain bekas untuk menutupi paha anda saat akan membantik. Kain tersebut berfungsi untuk mengelap cairan malam yang ada di bawah bagian canting dan menghilangkan tetesan cairan malam di ujung cucuk. Carilah kain yang bisa menutupi bagian paha hingga kaki kamu.
  5. Setelah duduk, ambil posisi menyerong dari kain yang akan di batik, kemudian julurkan tangan kanan untuk bisa menjangkau cairan malam di atas wajan. Bila tangan kamu mengambilnya membengkok berarti wajan terlalu dekat, jauhkan wajan sampai tangan kamu bisa lurus.
  6. Kedua lutut harus bertemu pada saat kamu akan mencanting.
  7. Jangan sampai kaki terbuka ke arah kompor. Hal ini untuk menghindari tetesan cairan malam mengenai kaki dan jari kaki kamu saat mencanting.
  8. Sebisa mungkin tegakkan posisi duduk kamu saat mencanting. Hal ini demi menghindari rasa lelah dan pegal saat mencanting batik.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *