Mari Mengenal Macam-Macam Canting Batik (Bagian 2)

Setelah mengenal bagian-bagian canting dan jenis canting berdasarkan fungsinya, perlu juga diketahui jenis-jenis canting menurut ukurannya dan canting menurut banyaknya cucuk.

Canting Batik Berdasarkan Ukurannya

Canting Batik Cucuk Kecil

Canting jenis ini biasanya memiliki ukuran cucuk kecil dan digunakan dalam membuat isen pada pola batik yang sudah melalui proses rengreng.

Canting Batik Cucuk Sedang

Canting ini biasa digunakan membuat pola pertama sebagai desain dasar pada pembuatan batik tulis. Ukuran cucuk yang cukup besar akan memudahkan pembuatan pola tersebut, karena tak akan cepat kehabisan cairan malam.

Baca juga:
Canting Hijau, Lestarikan Batik Sekaligus Selamatkan Alam
Bagaimana Canting Batik Cap Dibuat?

Canting Batik Cucuk Besar

Canting jenis ini biasa digunakan dalam pembuatan pola-pola yang memiliki ukuran besar. Pada batik-batik tertentu, pola sudah dibagi antara pola utama dan pola tambahan.

Pada Kampung Batik Trusmi misalnya, Canting batik cucuk besar biasa digunakan untuk membuat tembokan pada kain. Cucuk ditambah dengan balutan kain sehingga mempunyai diameter lebih besar.

Canting Bating Berdasarkan Banyaknya Cucuk

Canting Batik Cecekan

Canting cecekan termasuk dalam canting isen yang mempunyai cucuk tunggal. Canting ini memiliki fungsi membuat titik-titik isen atau isen lainnya pada motif batik.

Canting Batik Loron

Canting batik ini mempunyai dua cucuk di bagian atas dan bawah. Diberi nama loron karena diambil dari bahasa Jawa loro yakni dua. Canting ini berfungsi membuat garis rangkap pada pola batik contohnya batasan pada bogem.

Canting Batik Telon

Canting jenis ini mempunyai cucuk tiga dan berbentuk segitiga sama sisi. Memiliki fungsi membuat pola isen yang berbentuk segitiga.

Canting Batik Prapatan

Canting Batik Prapatan mempunyai empat buah cucuk dengan titik pola segi empat. Berfungsi sama seperti canting batik isen, untuk membuat pola isen sehingga bisa menghasilkan pola segi empat pada motif batik

Canting Batik Liman

Canting jenis ini mempunyai cucuk lima dengan berbentuk lingkaran. Satu cucuk sebagai pusatnya sedangkan empat cucuk mengelilinginya.

Canting Batik Byok

Canting Batik Byok memiliki jumlah cucuk sebanyak tujuh atau lebih, namun biasanya berjumlah ganjil. Canting ini berfungsi untuk membuat lingkaran.

Canting Batik Galaran

Canting jenis ini mempunyai cucuk galaran atau renteng yang berbaris dari atas ke bawah. Biasanya memiliki jumlah empat cucuk atau lebih dengan jumlah genap.

 

Penulis : Atung Nugroho

Foto : https://alatbatik.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *