Inilah Candi Tertinggi di Yogyakarta dengan Nuansa Panorama Alam yang Memukau

Bangunan bersejarah berupa candi memang sangat mudah kita jumpai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan candi di Jogja, nama beken Yogyakarta, tak lain karena dahulu di sini muncul beberapa kerajaan Hindu dan Buddha.

Salah satu candi yang belum banyak diketahui adalah Candi Ijo. Candi Ijo merupakan salah satu peninggalan kerajaan Medang Kamulan pada abad ke-9 hingga abad ke-11. Menariknya, Candi Ijo berada di salah satu tempat tertinggi di Yogyakarta.

Wilayah Candi Ijo yang berada diketinggian 410 meter di atas permukaan laut ini tentu membuat para pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati panorama candi. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah dari puncak bukit.

Hijaunya perbukitan, hamparan sawah, dan juga pemandangan matahari tenggelam menghadirkan senja sore yang cantik.

Tak lupa di Candi Ijo Anda bisa melihat lalu lalang pesawat yang akan mendarat dan lepas landas dari Bandara Adi Sutjipto. Lokasi candi Ijo memang berada di jalur lalu lintas pesawat terbang.

Bahkan karena begitu dekatnya, proyek perluasan bandara Adi Sutjipto ke arah Timur tidak bisa dilakukan karena adanya Candi Ijo.

Foto: lookjogja.blogspot.co.id

Bangunan Candi Ijo terdiri dari teras-teras. Semakin tinggi teras akan semakin sakral nilainya. Setidaknya tercatat ada 11 di kawasan Candi Ijo dan terdiri dari 17 struktur bangunan.

Pada teras terbawah ada pintu masuk menuju lokasi wisata. Sementara itu di teras ke-9 Anda bisa menjumpai sebuah prasasti batu yang dinilai sangat mistis. Prasasti tersebut bertuliskan mantra-mantra yang diyakini sebagai sebuah kutukan.

Berada di teras paling atas, kita akan mendapati empat candi yang terdiri tiga candi pewara dan satu candi utama.

Bagi Anda pecinta fotografi, di kompleks Candi Ijo ini ada sebuah lokasi penambangan batu gamping yang sering dijadikan spot foto menarik. Karena begitu menariknya, kawasan penambangan ini mendapat julukan white canyon.

Untuk menuju ke Candi Ijo ini Anda bisa mengarahkan kendaraan Anda ke Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sementara itu tarif masuknya sangat terjangkau yakni IDR 5.000 per orang.

Wisata Candi Ijo buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Waktu terbaik ke Candi Ijo adalah pada sore hari dimana matahari sudah tidak terlalu terik dan ada panorama matahari tenggelam indah yang bisa dijumpai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *