Jember Fashion Carnaval, Peragaan Busana di Tengah Kota yang Mendunia

Jember sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Timur kini pantas berbangga diri. Pasalnya, kota yang berjarak 204 km dari Surabaya ini punya sebuah event karnaval yang telah mendunia.

Event karnaval diadakan setiap satu tahun sekali ini bernama Jember Fashion Carnaval (JFC). JFC memang bukan sembarang kegiatan karnaval. Sebab karnaval yang telah diadakan sejak tahun 2003 tersebut selalu mengundang daya tarik bagi para wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga:
Inilah Keistimewaan Pantai Papuma Jember
Tak Lagi Kuno, Batik Lebih Fashionable di Kalangan Anak Muda

Sesuai dengan namanya, karnaval yang digagas oleh Dynand Fariz ini menghadirkan beragam fashion yang menarik dan fenomenal. Ibarat catwalk, JFC yang digelar di jalan protokol Kota Jember membuatnya seperti fashion show dalam konsep luar ruangan yang amat panjang.

Gelaran karnaval ini memang terbilang besar, sebab setiap kali digelar selalu diikuti lebih dari 400 peserta dan dipenuhi ratusan ribu penonton.

Selain itu, JFC selalu memamerkan beragam kostum dan fesyen kreatif atau yang sedang menjadi tren. Juri akan menilai dan memberi penghargaan bagi kostum-kostum terbaik yang dipamerkan oleh seluruh peserta.

Gelaran yang mengusung ide 4 E, yakni Education, Entertainment, Exhibition, Economi Benefit ini setiap tahunnya mengusung tema yang berbeda-beda.

Bahkan saat ini JFC telah berkembang pesat dengan diselenggarakannya JFC mini yang diikuti oleh para pelajar TK, SD serta SMP. JFC yang lahir dari ide dan inspirasi arak-arakan karnaval Group Reyog Ponorogo ketika peringatan HUT Kota Jember dan HUT RI ini kemudian makin populer dan dikenal dunia.

Dari segala kelebihannya, JFC pun kini telah menorehkan beberapa prestasi, di antaranya:

  • Penyelenggara Terbaik Event Seni Pertunjukan Indonesia 2014.
  • Kostum nasional terbaik tema Borobudur dalam ajang Miss Universe 2014.
  • Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Jepang.
  • Best National Costume Miss Supranational 2014 di Warsawa, Polandia.
  • Cipta Pesona Award dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.
  • Best National Costume Miss Supranational 2015 di Warsawa, Polandia.
  • Peringkat ketiga dalam ajang Carnaval International de Victoria 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *