Perhatikan Hal Ini untuk Mengetahui Kualitas Batik

Saat ini sudah banyak  sentra penjualan batik. Namun saat kamu berbelanja batik terkadang kamu bingung bagaimana cara mencari batik dengan kualitas yang bagus. Untuk mencari batik dengan kualitas baik dapat dibedakan lewat beberapa ciri ini yang sangat mudah dipelajari.

Jenis Batik

Sampai detik ini, hanya ada tiga jenis batik, batik tulis, cap, dan kombinasi keduanya. Untuk membedakan kedua jenis itu sangatlah mudah, hal pertama yakni dari segi harganya. Biasanya batik tulis lebih mahal dibandikan batik cap. Mahalnya harga batik tulis karena dari segi pembuatan lebih rumit.

Dari sisi corak, walau motif antara kain yang satu dengan lainnya sama, namun pasti memiliki corak yang berbeda pada tiap kainnya. Ini terjadi lantaran proses pembuatan yang masih benar-benar menggunakan kemampuan melukis si pembatik. Sementara batik cap memiliki pola gambar yang sama pada kainnya.

Jenis Kain

Setidaknya ada lima jenis kain yang biasa digunakan dalam pembuatan batik, yakni kain sutera, serat nanas, paris, katun, dan mori. Kelima jenis ini mempunyai kateristik berbeda. Tentunya yang terbaik adalah batik dari kain sutera.

Kain sutera sejak dahulu memang sudah menjadi bahan untuk membuat batik karena memiliki kenyamatan dan kelemutan bahan saat dikenakan.

Kualitas Pewarnaan

Cobalah meraba warna yang terdapat pada kain batik. Pastikan warna itu tidak menempel pada tangan kamu. Bila warna meninggalkan bekas di tangan berarti pewarna yang digunakan batik itu berkualitas rendah sehingga mudah luntur.

Kualitas Cetakan Batik

Untuk melihat kulaitas cetakan batik, kamu bisa membalik kain batik yang akan dibeli. Batik berkualitas bagus pasti memiliki cetakan luar dan dalam yang sama.

Saat anda membalik kain batik, motif dan warna yang ada pada bagian dalam batik akan sama dengan bagian luar. Jika batik yang kamu beli seperti itu maka kain batik itu sudah menjalani proses pembuatan yang sangat detail sehingga lebih awet.

 

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *