Batik Hokokai, Peninggalan Penjajah yang Mempesona (Bagian2)

Setelah kamu mengetahui sejarah dan ciri-ciri yang merupakan keunikan dari Batik Hokokai, kamu juga perlu tahu untuk siapa sebenarnya Batik Hokokai ini diciptakan. Sama seperti Batik Jawa biasanya ada perbedaan antara batik untuk rakyat jelata dengan batik yang digunakan untuk para bangsawan dan raja.

Nah, Batik Hokokai pada awal mulanya diciptakan untuk rakyat kurang mampu karena menggunakan motif pagi-sore. Penggunaan motif pagi-sore ini memiliki maksud dan tujuan tersendiri, pada zaman penjajahan dahulu batik memang umum dipakai rakyat biasa namun harganya cukup mahal. Dengan adanya motif pagi-sore ini, rakyat biasa bisa mengenakannya dua kali dalam sehari.

Rakyat jelata bisa memakai motif berbeda pada pagi dan sore hari agar terkesan mereka berganti baju. Bagi rakyat biasa pada zaman penjajahan dahulu, Batik Hokokai cukup menghemat biaya mereka dalam membeli pakaian.
Seiring berjalannya waktu, Batik Hokokai pada masa kini sudah bergeser para penggunannya.

Dahulu yang dikenakan kalangan menengah ke bawah saat ini malah banyak digunakan masyarkat menengah dan atas. Alasan historis dan tingkat kesulitan yang tinggi membuat batik ini menjadi eksklusif serta ikonik sehingga menjadi mahal harganya.

Saat ini, Batik Hokokai sendiri sudah berkembang menjadi berbagai varian yang jumlahnya sudah mencapai ribuan. Namun perlu kamu ketahui, walaupun sudah banyak jenis dan varian cirri khas Batik Hokokai seperti warna seperti Kimono, motif pagi-sore dan gambar motif Jepang masih tetap dipertahankan para perajin. Seolah-olah hal itu sudah menjadi pakem tersendiri dalam membuat Batik Hokokai ini.

Bergesernya para penggunan Batik Hokokai dari kalangan masyarakat bawah ke masyarakat menengah dan atas, otomatis membuat harganya melambung tinggi. Harga Batik Hokokai memang tergolong mahal dibandingkan jenis batik lainnya. Harganya dibandrol mulai dari IDR 1 Juta sampai IDR 5 Jutaan tergantung dari jenis kain dan motifnya.

Wajar jika harganya mahal lantaran membutuhkan ketelitian khusus dalam mengerjakan sehelai Batik Hokokai. Namun, Batik Hokokai bisa menjadi koleksi kamu yang unik dan berharga karena tak ada lagi motif pagi-sore seperti Batik Hokokai.

Bagaimana, kamu tertarik membeli Batik Hokokai ini? Kamu bisa membeli Batik Hokokai di toko-toko batik ataupun secara online. Saat ini Batik Hokokai tidak terlalu sulit untuk bisa mendapatkannya.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *