Wisata Alam Nan Romantis di Waduk Sermo Kulon Progo

Jika Anda tengah melakukan perjalanan ke Yogyakarta, sempatkan waktu Anda untuk berkunjung ke Kulon Progo, ada banyak destinasi wisata indah, eksotis dan juga romantis. Tulisan kali ini akan mengajak Anda pergi ke Waduk Sermo, yang kata orang sangat romantis dan cocok untuk bulan madu.

Hmmm.. bisa jadi referensi nih!

Baca juga:
Nikmati Sensasi Wisata Belanja di Pasar Tertua Yogyakarta
Ini 5 Tempat Seni Paling Top di Yogyakarta

Kabarnya, Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Yogyakarta. Latar pemandangan yang bisa dilihat dari Waduk Sermo adalah hijaunya Perbukitan Menoreh sehingga tampak seperti telaga alami jika dilihat dari kejauhan.

Anda dapat mengelilingi Waduk Sermo dengan berkendara atau dapat pula menyewa perahu wisata dan tersedia juga Speed Boat di sana.

Selain itu, bagi Anda yang gemar memancing, waduk ini juga dapat digunakan untuk memancing. Ikan yang terkenal di waduk ini adalah Ikan “Setan Merah” atau Red Devil.

Ikan Red Devil terkenal karena paling banyak dijumpai. Awalnya Waduk Sermo adalah waduk buatan yang dijadikan sebagai tempat favorit para pemancing. Bagaimana tidak, Selain Red Devil, ada juga ikan lainnya seperti, nila, tombro, dan gurameh.

Menjelang sore hari, suasana akan menjadi semakin romantis untuk Anda yang tengah menikmati bulan madu. Anda akan melihat senja yang begitu mempesona dan eksotis.

Kabarnya saat menjelang sore, akan banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya di Waduk Sermo. Jadi tidak berlaku untuk mereka yang sedang honey moon saya ya.

Wisata Waduk Sermo amat nikmat, selain karena harga yang pas di kocek, ada banyak spot romantis yang terdapat di sana. Salah satunya seperti Taman Bambu Air yang cocok sekali dijadikan obyek foto berdua dengan pasangan.

Letak Waduk Sermo tidak jauh dari tempat wisata Kalibiru yang tidak asing lagi didengar oleh telinga Anda. Pastinya mata dan pikiran Anda akan langsung dimanjakan oleh pemandangan alam yang cantik di sana.

Perjalanan menuju ke Waduk Sermo dari pusat Kota Jogja bisa melalui Jalan Raya Wates. Dari situ pengunjung tinggal mengikuti penunjuk arah ke Waduk Sermo. Waduk ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, yogyakarta. Jalan menuju ke sana pun lebar dan beraspal mulus.

Menariknya lagi, sebulan sekali waduk sermo juga diadakan penampilan tari jathilan. Tarian ini merupakan tarian khas Kulon Progo yang saat ini sudah jarang sekali yang memainkan.

 

Penulis: Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *