Jenis-Jenis Kain yang Biasa Digunakan Batik Indonesia (Bagian 1)

Membatik merupakan karya seni di atas sehelai kain yang sudah menjadi salah satu kerajinan Indonesia sejak dahulu. Para perajin batik, dewasa ini juga menggunakan berbagai jenis kain untuk mencanting batik.

Jenis kain yang digunakan untuk membatik juga akan meningkatkan harga jual batik itu sendiri. Tentunya batik dari jenis kain katun akan berbeda dengan harga batik dari kain sutra. Selain membedakan harga, penggunaan jenis kain tertentu saat membatik juga akan memperindah batik itu sendiri saat akan dijual.

Bagi kamu yang ingin membeli batik, jenis kain ini harus diketahui agar tidak tertipu dengan harga jualnya nanti. Berikut tips memilih batik dari jenis kain bagian pertama:

Kain Katun
Kain katun sangat umum digunakan bagi kalangan perajin untuk membuat batik. Namun, katun sendiri memiliki beberapa jenis dan kualitas yang berbeda.

  • Katun Primis
    Jenis katun ini paling baik kualitasnya dibandingkan jenis katun lainnya. Primis mempunyai serat benang yang cukup rapat dengan ketebalan yang baik dan lembut.
  • Katun Prima
    Katun ini memiliki tingkatan yang sedikit di bawah Primis. Prima dan Primis memiliki kualitas kain yang juga berbeda dari mulai kasar sampai lembut.
  • Katun Santyu
    Jenis katun ini merupakan kain yang sangat umum digunakan para perajin untuk membuat batik. Santyu banyak digunakan karena harganya yang cukup mudah dijangkau masyarakat. Kain jenis ini masuk dalam kategori menengah.
  • Katun Samforis
    Katun jenis ini masih tergolong baru digunakan untuk membatik, jumlahnya pun tidak terlalu banyak dipasaran. Kendati demikian, Samforid mempunyai kualitas kain sedikit lebih bagus dibandingkan Katun Santyu.
  • Katun Sada
    Jenis katun terakhir yang biasa digunakan membatik yakni Sada. Jenis karun ini paling rendah dengan tekstut kasar dan tipis, sehingga saat digunakan untuk bahan pakaian atasan Kain Sada akan terasa lebih panas.

Kain Sutera
Pernahkah kamu mendengar batik Kain Sutera? Jenis kain ini mempunyai kualitas yang sangat tinggi dan sering digunakan para pembatik menghasilkan batik bermutu tinggi. Kain Sutra sendiri terbuat dari benang-benang serat filamen dari ulat sutra.

Biasanya batik dari Kain Sutera sangat nyaman digunakan karena mempunyai tekstur yang halus dan lembut. Namun, keistimewaan yang dipunyai kain Sutera ini membuatnya dibanderol dengan harga mahal.

Kain Dobi
Kain yang biasa juga disebut dengan Dobby Fabric ini sangat terkenal dikalangan para pembatik. Para perajin memang sering menggunakan Kain Dobi untuk membuat batik karena kain ini mempunyai tekstur cukup halus, bahkan beberapa kalangan menyebut Kain Dobi sebagai setengah sutera.

Walaupun kualitasnya tak sebaik kain sutera, kain Dobi termasuk diminati orang-orang menengah dan atas. Harga batik dari kain tersebut juga bisa dimasukkan dalam kategori cukup mahal.

Bersambung

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *