Menong, Souvenir Khas Purwakarta Berwujud Sosok Perempuan Cantik

Jika Anda berkunjung ke Purwakarta, Jawa Barat, jangan lupa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Plered. Karena, di Desa Plered ini terdapat souvenir khas Purwakarta yakni sosok perempuan cantik dan lucu bernama Menong.

Sesuai namanya yang lucu, Menong juga memiliki arti perempuan yang cantik, kulitnya kuning langsat, bibirnya kecil, beralis panjang dan di kepalanya terdapat mahkota menyerupai sigar atau mahkota khas pakaian adat Lampung. Apalagi, pakaiannya yang didominasi warna hitam dan putih menjadikan patung Menong semakin menggemaskan.

Menong muncul pada tahun 1980-an. Sejak saat itu Menong terus mengalami perkembangan.

Baca juga:
Wisata Kampung Canting Landung Sari
Ingin Belajar Bermain Angklung? Datang Saja ke Saung Angklung Udjo

Menong bisa dilihat di sepanjang jalan menuju Kota Purwakarta, mulai dari Ciganeak hingga patung Bima. Bahkan, sekarang Menong telah diangkat menjadi ikon Purwakarta.

Selain itu, souvenir yang terbuat dari tanah liat ini juga sudah beberapa kali dimodifikasi menjadi beberapa bentuk wajah.

Salah satunya yaitu dibuat menjadi 2 bagian wajah, yakni di bagian depan dan belakang. Pada bagian depan, Menong memiliki sifat baik. Sementara bagian wajah belakang, Menong memiliki sifat buruk.

Kedua bagian wajah itu memiliki makna seperti layaknya manusia yang memiliki sifat baik dan jahat dalam dirinya.

Jika Anda ingin membeli patung Menong yang cantik ini, maka Anda bisa membelinya di beberapa tempat penjual souvenir. Misalnya di beberapa toko di Plered atau di Galeri Menong.

Harganya cukup beragam, tergantung ukuran. Menong cantik dijual per paket, namun ada juga yang dijual satuan yaitu dengan harga IDR100.000.

Untuk patung Menong yang dijual per paket, satu paketnya terdiri dari 3 Menong yaitu Menong ibu dan kedua anak perempuannya yang besar dan kecil. Jika dilihat dari ukuran, ketiga Menong tersebut memiliki tinggi sekitar 25 cm, 16 cm, dan 12 cm.

Itulah Menong, sosok perempuan cantik khas Purwakarta. Jika Anda ingin meilhat bagaimana cara pembuatannya, maka berkunjunglah ke Pendopo Purwakarta. Di pendopo ini Anda akan bertemu dengan pengrajin asal Plered yang generasinya sudah menghasilkan kerajinan keramik yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *