Teras Cihampelas, Skywalk Pertama di Indonesia

Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat secara resmi memperkenalkan ikon wisata terbaru bernama Teras Cihampelas. Nama Teras Cihampelas yang diresmikan pada awal 2017 tersebut langsung menarik perhatian wisatawan.

Teras Cihampelas merupakan jalan untuk pejalan kaki yang dibangun di atas jalan raya (Skywalk) pertama di Indonesia. Skywalk ini bahkan Cuma ada dua di dunia, satunya lagi bisa ditemukan di New York, Amerika Serikat.

Skywalk Cihampelas dibangun dengan dana APBN 2016 sebesar IDR48 miliar dengan waktu pembangunan yang cepat, sekitar tiga bulan. Skywalk ini memiliki panjang 450 m dan lebar 9 m, serta ketinggian jembatan mencapai 4,6 m di atas jalan raya Cihampelas.

Foto: infobdg.com

Sebelum diresmikan, Kabar tentang Teras Cihampelas ini memang dikenal sebagai salah satu terobosan Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk menanggulangi kemacetan di sepanjang jalur jalan Cihampelas Bandung.

Kawasan Cihampelas sendiri memang terkenal semerawut lantaran banyak pedagang kaki lima yang mempersempit ruas jalan. Keadaan inilah yang membuat Pemerintah Kota Bandung berinisiatif menciptakan jalur khusus pejalan kaki dan relokasi para PKL dengan Teras Cihampelas Bandung.

Jarak Teras Cihampelas dibangun mulai dari arah RS Advent hingga Hotel Promenade yang kini sudah menjadi salah satu tempat wisata anak muda terutama saat akhir pekan.

Foto: spotpedia.id

Dengan ketinggian yang dimiliki Skywalk tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan dan indahnya kelap-kelip Kota Bandung sambil menikmati jajanan khas Bandung yang telah disajikan oleh 192 kios pedagang kaki lima yang tertata dengan sangat rapi.

Kios-kios tersebut menjual berbagai macam aksesoris, oleh-oleh khas Bandung, dan kuliner dengan harga yang terjangkau.

Di atas jembatan juga dibangun jalur hijau dengan ditanami bunga-bunga kecil disepanjang kedua sisi jembatan. Meski berada di atas jalan pengunjung tidak usah khawatir kepanasan, karena jembatan tersebut telah dipenuhi pepohonan rindang yang membuat tempat ini menjadi sejuk.

Skywalk Cihampelas Bandung ini juga telah dilengkapi fasilitas seperti pos satpam, kemudian toilet umum, dan musholla. Selain itu, bagi penyandang disabilitas dapat mengakses Teras Cihampelas dengan menggunakan sebuah lift.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, ada beberapa angkot yang melewati jalan Cihampelas seperti angkot rute Cisitu-Tegalega, Kalapa-Ledeng, Cicaheum-Ciroyom, St Hall-Lembang. Selain itu Anda juga dapat menggunakan taksi.

Sumber gambar :

  1. http://www.infobdg.com
  2. http://www.spotpedia.id
  3. http://www.spotpedia.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *