The Lost World Castle, Lokasi Wisata Rasa Inggris di Jogja

Apakah kamu pernah mendengar nama Stonehenge di Inggris? Meski belum pernah ke sana, tapi kamu tahu, dong bangunan bersejarah Stonehenge.

Stonehenge adalah situs sejarah yang dibangun pada zaman Perunggu dan Neolitikum. Pasti seru ya, kalau kita bisa ke sana karena tempat tersebut juga sering dijadikan lokasi syuting film, seperti ‘King Arthur’ dan ‘Thor: The Dark World’.

Tapi bagi kamu yang ingin melihat Stonehenge secara langsung, kini tak perlu jauh-jauh pergi ke Inggris. Di Indonesia, tepatnya di Yogyakarta sudah ada tempat wisata yang mirip dengan Stonehenge.

Yup, lokasi wisata ini adalah The Lost World Castle, yang terletak di desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Meskipun sebenarnya belum resmi didirikan, tempat ini sudah ramai dipadati pengunjung. Salah satu sebabnya karena tempat visata itu sudah viral di sosial media.

Saat ini pembangunan The Lost World Castle belum selesai dengan sempurna, dan masih ada beberapa pembangunan di sana sini. Tapi karena sudah ramai dan sering dijadikan sebagai tempat swafoto, tempat ini pun mulai dilirik oleh wisatawan.

Nah, selagi belum terlalu ramai, buruan deh kamu ajak teman atau keluarga untuk main ke The Lost World Castle. Sebagai informasi, harga tiket masuknya hanya IDR15.000 saja kok. Murah banget kan?

Lokasi The Lost World Castle tidak jauh dari Gunung Merapi. Meskipun lokasi tersebut mengalami rusak parah akibat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010, untuk masuk ke The Lost World Castle tak terlalu sulit kok.

Lokasi yang sudah disulap menjadi tempat wisata indah ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta, dan memerlukan waktu kurang dari 1 jam dengan mobil atau motor, untuk pergi ke sana.

Karena berlokasi di dekat Gunung Merapi, tempat ini sangat bagus untuk menikmati pemandangan alam yang eksotis dan menghirup udara yang asri dan sejuk. Apabila datang di pagi hari cuaca dingin menusuk hingga tulang, serta penuh dengan kabut. Dan pada sore harinya kita bisa hunting foto matahari tenggelam.

Rute menuju The Lost World Castle ini cukup mudah, jika berkendara dari Jalan Kaliurang, Anda bisa melanjutkan perjalanan melewati Jalan Cangkringan dan Jalan Pakem Kalasan lalu ambil ke Wukirsari terus ke Kepuharjo Cangkringan.

Atau jika Anda berkendara dari Jalan Laksda Adisucipto lanjut ke Jalan Raya Solo, lalu Jalan Raya LPMP, dan Jalan Pakem-Kalasan, setelah itu ke Wukirsari terus ke Kepuharjo Cangkringan.

 

Penulis: Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *