Lucunya Telur Berukir Motif Batik, Yuk Coba Buat di Rumah

Persaingan bisnis kain batik di Tanah Air semakin hari kian membeludak. Hampir semua tempat berjualan, baik itu di pasar tradisional atau department store, pasti ada pedagang yang berjualan pakaian batik, yang dijual mulai dari harga puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Bagi kamu yang kurang berani untuk bersaing berjualan kain atau pakaian batik, kini ada bisnis batik unik baru. Yakni dengan menggunakan cangkang telur.

Kerajinan cangkang telur batik saat ini sedang naik daun karena bisa menjadi buah tangan atau cinderamata baru yang unik. Bahkan, beberapa pasangan yang menikah menjadikan kerajinan cangkang telur batik menjadi suvenir pada acara resepsi pernikahan mereka.

Cangkang telur yang digunakan untuk melukis batik sebenarnya bisa menggunakan cangkang telur apapun. Namun, pada umumnya para pengrajin lebih sering menggunakan cangkang telur ayam dan bebek.

Cangkang telur ayam menghasilkan warna krem dan cokelat muda. Sedangkan cangkang telur bebek menghasilkan warna biru langit yang cerah, sehingga cocok untuk warna dasar.

Hasilnya cukup memuaskan, bahkan bisa mencengangkan jika kamu lebih kreatif. Untuk setiap butir cangkang telur batik, biasanya dijual dengan harga mulai dari IDR20 ribu. Namun jika dikemas secara cantik seperti parsel, maka kamu bisa menjualnya hingga harga IDR1-2 juta, terutama ketika Hari Raya Paskah.

Tertarik? Yuk kita belajar membuat kerajinan cangkang telur batik. Berikut bahan baku dan cara membuatnya:

Bahan Baku dan Peralatan

  1. Telur
  2. Cuka
  3. Air
  4. Paku kecil
  5. Kawat (diameter 1mm)
  6. Suntikan dan jarum suntik
  7. Pensil 2B
  8. Malam (lilin)
  9. Kuas ukuran kecil
  10. Tusuk Gigi
  11. Cat kayu
  12. Pernis

Cara Membuat

Cangkang telur dibersihkan dengan air lalu dijemur hingga kering. Lalu lubangi bagian ujung telur yang lebih lebar dengan paku secara perlahan.

Setelah cangkang telur berlubang, tusuk dan masukan kawat. Kemudian kocok isi telur dengan kawat tersebut hingga tercampur di dalam.

Keluarkan isi telur dengan menggunakan suntikan. Masukan jarum suntik, dan sedot isi telur hingga tak tersisa.

Agar isi telur lebih bersih, masukan campuran air dan cuka ke dalam cangkang telur dengan menggunakan suntikan, kemudian dikeluarkan kembali. Setelah isinya dibersihkan, cangkang telur dikeringkan selama dua hari.

Setelah cangkang benar-benar kering dan bersih, saatnya melakukan proses pelukisan. Pertama bikin pola motif batik yang kamu inginkan dengan menggunakan pensil.

Selesai membuat pola, lalu warnailah pola yang sudah kamu buat dengan warna yang kamu inginkan atau yang sesuai dengan contoh. Untuk mewarnai pola garis atau bagian yang detail, gunakanlah tusuk gigi.

Setelah perwarnaan selesai dan kering. Kemudian semprotkan pernis agar warna batik pada cangkang telur mengkilap dan terlindung dari goresan.

Terakhir, jemur hingga kering dan kerajinan cangkar telur batik kamu siap untuk dijual.

Penulis: Atung Nugroho

One Comment Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *