Tips Membuat Tas Laptop Dari Batik Tak Terpakai

Bagi kamu yang pernah memiliki kemeja, rok, terusan dan kebaya batik yang sudah robek atau kekecilan, tentunya pakaian dari batik itu sudah tak ingin kamu gunakan. Pastinya kamu akan memberikannya ke saudara, adik atau tetangga bila kekecilan dan jika sobek pasti akan dijadikan lap.

Namun kamu akan memiliki rasa sayang ke pakaian batik tersebut, karena mungkin saja pakaian itu memiliki nilai historis sendiri.

Saat ini kamu tak perlu memberikannya kepada orang lain ataupun menjadikannya lap, pakaian batik tak terpakai itu kini bisa kamu daur ulang menjadi kerajinan tangan yang menarik. Salah satunya yakni tas laptop bermotif batik.

Pastinya kamu berpikir kenapa repot-repot membuat tas laptop karena bisa mudah mendapatkannya dengan membelinya. Memang benar tas laptop mudah didapat, namun apakah kamu rela kehilangan pakaian batik yang memiliki nilai historis tersebut?

Jadi tak ada salahnya menjadikannya sebuah kerajinan tangan berupa tas laptop. Berikut bahan dan alat serta cara membuat tas laptop dengan mudah.

Bahan dan alat yang diperlukan
– Kain Batik Bekas ukuran 50X75 cm atau sesuai dengan ukuran laptop kamu
– Busa angin/PC Foam ketebalan 5 mm dengan ukuran 60X40 cm
– Ritsleting besar dengan panjang 120 cm
– Karet elastis
– Kain spunbond hitam atau sesuai dengan selera kamu
– Gunting
– Jarum dan benang jahit atau mesin jahit
– Meteran pakaian

Cara membuat tas laptop bermotif batik
Langkah 1 : Potong kain batik untuk tali pegangan sebanyak dua lembar sesuai selera.

Langkah 2 : Ukur kain batik sesusai dengan besar laptop atau notebook, kemudian potong menggunakan gunting.

Langkah 3 : Potong kain spunbond sesuai dengan ukuran kain batik yang sama besar dengan laptop. Selanjutnya potong busa angin menjadi dua lembar sesuaikan dengan ukuran badan tas laptop.

Langkah 4 : Kemudian kamu harus menyatukan kain batik yang sudah dipotong dengan spunbond, caranya ukur sebanyak 26 cm dari kedua sisi tas, buat garis dan jahit dua baris bagian tengahnya saja.

Langkah 5 : Masukan busa angin ke dalam kain batik dan kain spundbond yang sudah disatukan tadi. Lalu jahit sekeliling tas.

Langkah 6 : Potong karet pakaian menjadi empat buah dan jahit di keempat sudut bagian dalma tas laptop tersebut.

Langkah 7 : Dua tali tas yang sudah dipersiapkan tadi jahit tepat di bagian tengah tas. Selanjutnya jahit risleting sekeliling tas.

Langkah 8 : Bila kamu memerlukan tali panjang untuk bisa membawa tas laptop di pundak, ambil sisa tali dari kain batik tadi lalu jahit tepi atas badan tas bagian belakang, kemudian balik dan rapikan jahitan di kedua sisinya.

Bagaimana tak terlalu sulit, kan? Kamu bisa mempraktek.kan ini di rumah dengan pakaian batik bekas yang sudah tidak terpakai.

Tentunya tas batik buatan sendiri ini akan lebih berharga dibandingkan kamu membelinya di mall atau toko tas.

Penulis : Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *