Pantai Air Manis dan Kisah Legendaris Malin Kundang

Pantai Air Manis merupakan salah satu objek wisata di Kota Padang, Sumatera Barat. Pantai ini memang memiliki pesona alam yang indah seperti keindahan gulungan ombak yang stabil dan udaranya yang semilir.

Di Pantai Air Manis juga terdapat prasasti Malin Kundang yang legendaris, yaitu berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan jasad Malin Kundang. Ketika ombak menghempas batu-batu tersebut, maka akan terdengar suara gemercik air yang membahana seperti suara ratapan dan tangisan.

Hal ini semakin memperkuat anggapan kalau tempat ini memang merupakan lokasi terjadinya kisah Malin Kundang.

Legenda Malin Kundang mengisahkan tentang kemurkaan orang tua yang berujung menjadi malapetaka bagi anaknya yang durhaka bernama Malin Kundang.

Malin Kundang menjadi seorang perantau sukses yang telah kembali ke kampungnya setelah bertahun-tahun pergi merantau. Ia kembali dengan membawa sang istri dan kapalnya yang besar beserta pelayan-pelayannya.

Sesampainya di kampung halaman, Malin enggan mengakui ibu kandungnya yang miskin hingga mencaci maki dan mengusirnya.

Karena sakit hati, sang ibu kemudian melontarkan sebuah kutukan agar anaknya menjadi batu. Dan saat itu juga datanglah petir dan badai besar.

Mengetahui doa ibu di dengar Tuhan, Malin berusaha memohon maaf dengan posisi bersujud ke tanah. Namun terlambat baginya karena kutukan tersebut terlanjur terjadi kepadanya hingga Malin berubah menjadi batu, begitu juga dengan kapal dan awak seluruh kapalnya.

Foto: panduanwisata.id
Foto: panduanwisata.id

Keistimewaan Pantai Air Manis, yaitu memiliki pasir putih kecoklatan yang luas di sepanjang bibir pantai. Oleh karena itu, Pantai Air Manis ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik, surfing, bermain ombak, dan kemping. Tidak jauh dari bibir pantai, nampak sebuah pulau cantik yang semakin menarik untuk dikunjungi yaitu pulau pisang kecil yang bisa Anda datangi saat air laut surut.

Pantai Air Manis terletak di Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Berangkat dari pusat kota Padang, Anda ambil jalan menuju ke Teluk Bayur. Dari sini, bisa langsung menuju ke lokasi Pantai Air Manis. Tetapi jika Anda berangkat menggunakan angkutan umum, maka dari pusat Kota Padang bisa menggunakan bis jurusan Padang-Bungus.

Di sekitar Pantai Air Manis juga tersedia beberapa penginapan dengan harga terjangkau yang dikelola oleh masyarakat setempat. Untuk urusan makan, di sepanjang Pantai Air Manis juga tersedia warung makan.

Di samping itu juga tersedia beberapa fasilitas seperti tempat parkir, penyewaan papan selancar, toilet umum dan mushola.

Meski jalur menuju pantai sudah beraspal namun karena lebar jalan yang terbilang sempit yakni 4 m, maka Anda yang membawa mobil wajib berhati-hati. Terutama ketika turun hujan maka sangat disarankan agar Anda mengemudi dengan kecepatan rendah sekitar 40 km/jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *