Cuci Mata dengan Panorama Indah di Umbul Sidomukti

Tidak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Semarang, Jawa Tengah memiliki wisata alam pegunungan yang menawarkan keindahan alam serta udara yang sejuk. Yup! Kawasan wisata alam ini bernama Umbul Sidomukti yang  berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Kawasan wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk kamu yang tidak hanya butuh pemandangan serta udara sejuk, tapi untuk kamu yang suka aktifitas seperti Outbond, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta Meeting Room.

Untuk bisa datang ke Umbul Sidomukti, kamu tidak bisa menggunakan bus ukuran besar karena areanya yang sempit. Sementara untuk bus mini atau ukuran kecil, diperlukan sopir yang kemampuan menyetirnya sangat handal, karena jalan yang dilalui cukup terjal dan berkelok.

Kamu juga wajib datang pada pagi hari agar bisa menikmati segarnya udara di Umbul Sidomukti, serta kabut pagi masih menyelimuti pemandangan di sana. Oleh karena itu Umbul Sidomukti buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB pada hari Senin-Jumat (weekday), sementara pada Sabtu-Minggu (weekend) buka pada pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Bicara soal fasilitas yang ada di Umbul Sidomukti, di sana terdapat empat buah kolam bertingkat dan dapat dipilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Hati-hati, airnya sangat dingin namun sangat jernih dan menyegarkan.

Selain itu terdapat beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam seperti lintasan Flying Fox antar lembah yang pastinya sangat memacu adrenalin. Kemudian terdapat Taman Renang Alam Umbul Sidomukti yang terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut dan diapit jurang di kedua sisinya.

Untuk Flying Fox antar lembah, panjang lintasannya mencapai 110 m, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 m. Permainan ini sangat memacu andrenalin karena menyeberangi lembah dengan hanya bergantung pada dua utas kabel sling. Namun rasa takut ketinggian langsung sirna oleh pemandangan indah yang berada di lembah gunung.

Tidak hanya Flying Fox, di Umbul Sidomukti juga terdapat permainan menantang lainnya yang menyuguhkan pemandangan indah. Di sana juga terdapat permainan ATV, Marine Bridge dan Rappelling dengan menuruni sisi lembah.

Tips pergi ke Umbul Sidomukti, jangan sendirian ya, karena banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk bersama-sama dan banyak spot foto yang menarik untuk berswa foto ria. Lalu untuk kamu yang tidak kuat dingin, sangat dianjurkan membawa mantel atau jaket, dan jangan berani-berani berenang di kolam renangnya ya!

Jika kamu tertarik, berikut harga tiket dan fasilitas Umbul Sidomukti.

Tiket Masuk Senin-Jumat (Weekday)     IDR 8.000/orang
Tiket Masuk Sabtu-Minggu (Weekend) IDR 10.000/orang
Taman Berani                                                         IDR 10.000/orang
Wahana Rappeling                                              IDR 10.000/orang
Wahana Marine Bridge                                    IDR 15.000/orang
Wahana Highest Triangle                               IDR 40.000/orang
Wahana Flying Fox Lembah                          IDR 18.000/orang
Wahana Flying Fox Terusan                          IDR 35.000/orang
Wahana Flying Fox Scream                           IDR 16.000/orang
Sewa Kuda                                                              IDR 50.000/orang (30 menit)
Motor ATV                                                             IDR 25.000-Rp 30.000/orang
Camping                                                                  IDR 18.000/orang
Sewa Tenda Dome                                             IDR 45.000/kapasitas 3 orang
Matras                                                                      IDR 5.000/orang
Sleeping Bag                                                         IDR 8.000/orang

 

Penulis: Atung Nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *