Yuk, Berkenalan dengan Motif Batik Aceh

Aceh merupakan  provinsi yang berada di ujung utara Pulau Sumatera. Provinsi yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini ternyata juga menyimpan kekayaan berupa kerjinan tangan, termasuk batik. Batik Aceh sendiri merupakan salah satu dari jenis Batik Sumatera.

Batik Aceh, sama seperti halnya dengan Batik Sumatera memang kurang populer dibandingkan batik yang berasal dari Pulau Jawa. Hal ini disebabkan karena Batik Aceh hanya digunakan dalam perayaan tertentu saja dan tidak digunakan setiap hari.

Keberadaan Batik Aceh sendiri sudah ada sejak jaman Kesultanan Aceh masih berdiri, tepatnya pada abad ke-13 Masehi. Bukti keberadaan Batik Aceh yang sudah cukup lama ini bisa dilihat langsung di museum Aceh dan pada ukiran-ukiran yang ada di Rumoh Aceh.

Motif Batik Aceh sendiri berbeda dengan batik dari Jawa pada umumnya. Pada motif Batik Aceh banyak sekali terkandung filosofi kehidupan masyarakat setempat yang menjadi kearifan lokal serta pedoman hidup.

Motif Tulak Angen

Motif ini memiliki maksud dimana orang-orang Aceh mudah sekali menerima sebuah perbedaan. Berkembangnya motif ini disebabkan karena Kesultanan Aceh dahulu pernah menjadi sebuah Negara yang banyak disinggahi pendatang.

Motif Bungoeng Jeumpa

Motif Bungoeng Jeumpa merupakan motif yang diambil dari bunga jumpa atau bunga kantil. Bunga ini memang banyak sekali tumbuh di wilayah Aceh dan mempunyai bentuk yang sangat indah. Arti motif ini sendiri sangat natural dan selaras dengan alam.

Motif Pintoe Aceh

Batik Aceh motif Pintoe Aceh diambil dari filosofi rumah adat khas Aceh yang tidak terlalu tinggi. Sehingga bila ada tamu yang ingin masuk ke dalam rumah harus menundukkan kepalanya, hal ini membuat sang tamu sangat menghormati pemilik rumah.

Arti motif itu sendiri mengartikan orang Aceh memiliki tabiat dan adat istiadat yang tidak murah hati dengan orang asing, namun akan sangat baik jika sudah saling mengenal.

Motif Rencong/Rincong

Rencong merupakan senjata tradisional masyarakat Aceh. Senjata yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat ini juga terdapat dalam motif Batik Aceh. Arti motif ini sendiri, orang Aceh memiliki karakter yang keras, tegas dan berwibawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *