Penasaran Akan Uniknya Batik Garut? Baca Buku Ini

Buku berjudul “Batik Garutan” adalah buku ketiga yang dibuat berdasarkan Koleksi Batik milik Hartono Sumarsono. Buku pertama dan kedua menampilkan keindahan batik pesisiran.

Kali ini, Hartono secara khusus menampilkan batik yang berasal dari daerah Garut dan Tasikmalaya. Buku ini kembali dicetak oleh KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) dan diterbitkan pada Maret 2016. Berisi 264 halaman berwarna, buku ini menampilkan 200-an koleksi Hartono yang bergaya Garutan.

Hal utama yang ditampilkan buku “Batik Garutan” adalah kesederhanaan. Komposisi buku ini sangat sederhana, terdiri dari tiga bagian: profil daerah Garut dan Tasikmalaya, gambaran umum batik Garut dan Tasikmalaya, dan penjabaran motif-motif khas di kedua daerah tersebut.

Buku ini banyak menampilkan foto-foto sejarah Kota Garut dan Tasikmalaya. Sama seperti buku pendahulunya, buku ini lebih mengeksplorasi keindahan ragam motif batik garutan daripada mengupasnya secara ilmiah.

Kesederhanaan berikutnya adalah motif Garutan yang memang tampil sederhana, tidak kompleks seperti batik Pekalongan. Sederhana dan manis menjadi poin utama keindahaan batik Garutan. Sering menampilkan bentuk-bentuk yang sederhana dengan latar yang polos.

Motif-motif yang ditampilkan batik Garutan sebenarnya banyak dipengaruhi batik pesisir dan pedalaman. Ada motif boketan, lunglungan, mega mendung, hingga parang, dan sidomukti.

Namun semua motif tersebut dimodifikasi dan ditampilkan dengan amat sederhana. Itulah keunikan dan keindahan motif batik Garutan. Walau demikian, Batik Garutan tetap mempunyai motif utama seperti Merak Ngibing (Merak menari), Tiga Dara, Kipas, Papangkah, dan lainnya.

 

Penulis : Pasattimur Fajar Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *