Melongook Detil Batik Pesisir di Buku “Benang Raja: Menyimpul Keelokan Batik Pesisir”

Tak cuma buku berjudul “Batik Pesisir Pusaka Indonesia”, Hartono Sumarsono, seorang kolektor batik di Pekalongan juga memiliki karya buku lainnya yang berjudul “Benang Raja: Menyimpul Keelokan Batik Pesisir”. Buku ini diterbitkan oleh Kencana Ungu pada tahun 2013. Terdiri dari 240 halaman dan menampilkan sekitar 200 batik yang ia koleksi.

Buku ini adalah kelanjutan dari buku sebelumnya yang berjudul “Batik Pesisir Pusaka Indonesia”. Tema yang diulas pun masih sama, seputar batik pesisiran.

Jika dalam buku pertama yang ditampilkan lebih kepada gambaran umum mengenai corak ragam khas serta daerah persebaran batik pesisir, di buku kedua lebih menampilkan ke tema-tema spesifik dan detail.

Pada bagian awal, penulis mengupas ke bentuk dan komposisi desain beserta motif dan ragam hias khas yang biasa mengisi kain batik pesisiran. Kain pesisir biasa berbentuk sarung atau kain panjang yang terdiri dari kepala dan badan, serta sub bagian detil, seperti papan dan pinggiran.

Dijelaskan pula motif dan ragam hias yang biasa menghiasi bagian tersebut, seperti buketan, dlorong, ganggeng, ragam hias burung dan bunga, dan lain-lain. Berbagai motif dan ragam hias tersebut ditampilkan dalam banyak variasi bentuk.

Selanjutnya buku ini bertutur pada hal-hal menarik dalam budaya batik pesisir. Motif batik yang indah dan banyak disuka tentunya menjadi tren yang kemudian terjadi budaya meniru dan mengulang motif tertentu.

Dijelaskan pula mengapa beberapa batik karya pembatik legendaris menjadi masterpiece, mengapa dikatakan sangat alus (finest), mengapa membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya yang tak jarang bisa lebih dari satu tahun. Buku ini juga secara khusus mengulas Batik Lasem dan beberapa Batik produksi Cina keturunan.

Dalam buku ini juga mengulas keunikan dalam batik seperti batik yang tidak lazim dan keluar dari pakem desain batik pada umumnya, batik yang mempunyai motif cerita khusus, hingga batik berlatar sejarah. Dalam buku ini Anda dapat menjumpai batik dengan motif Flash Gordon dan Batik Luar Angkasa.

Hal menarik pada bagian akhir buku ini, ragam hias batik diperbesar hingga menampilkan detail garis dan isen-isen-nya. Sangat menakjubkan dari sebuah ragam hias berukuran kecil berisi detil yang kompleks dan begitu halus serta rapi. Hal ini menunjukkan bagaimana motif batik itu diciptakan membutuhkan tingkat ketekunan, kecermatan, dan nilai artistik yang tinggi.

Anda harus membeli buku ini!

 

Penulis : Pasattimur Fajar Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *