Mengintip Uniknya Batik Pesisir Lewat Buku

Nama Hartono Sumarsono sangat terkenal sebagai salah satu kolektor batik Nusantara. Koleksi Batiknya amat sangat beragam, terutama batik gaya pesisir.

Dengan melihat koleksi Hartono, kita bisa mendapat gambaran perkembangan budaya batik di Indonesia pada masa tertentu. Hal ini yang kemudian menjadi alasan penulisan buku bertema batik yang merujuk pada koleksi Beliau.

Hingga kini, dari koleksi Hartono Sumarsono sudah terbit tiga buku yaitu “Batik Pesisiran: Pusaka Indonesia”, “Benang Emas”, dan “Batik Garutan”.

Buku berjudul “Batik Pesisir: Pusaka Indonesia” diterbitkan oleh KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) pada tahun 2011. Terdiri dari 266 halaman, buku ini menampilkan sekitar 200-an kain batik pesisiran koleksi Hartono Sumarsono. Buku ini sering menjadi dasar rujukan referensi banyak penulis dan pencinta batik khas pesisiran.

Yang paling utama, buku ini menjelaskan berbagai campuran budaya yang mempengaruhi desain batik Jawa di pesisiran. Daerah Pesisiran diandaikan sebagai “periuk peleburan” yang sangat terbuka bagi berbagai budaya untuk berkumpul dan berasimilasi.

Ada batik wayang yang menonjolkan budaya Jawa, budaya Arab dengan batik Besurek dan kaligrafi, batik Buketan yang sangat bergaya Eropa, India dengan motif geometris Jelamprangnya, Cina dengan buketan Encim, serta berbagai motif lain yang menampilkan hewan mitologi ataupun simbol khas Cina lainnya.

Jepang juga ikut mempengaruhi gaya batik di pesisir dengan kain batik Jawa Hokokai dan gaya Pagi Sorenya.

Dalam buku ini juga diulas persebaran dan gaya-gaya khas di daerah pesisiran, seperti Pekalongan, Lasem, Direbon, Garut, Madura, dan lainnya.

Batik-batik ditampilkan penuh warna dan disertai banyak informasi bermanfaat seperti sejarah, hal-hal khusus yang menarik, informasi spesifik tentang kain, kira-kira tahun pembuatan, hingga nama dan biografi singkat pembuatnya.

Buku ini bukan buku ilmiah, jadi informasi yang diberikan tidak terlalu mendalam namun menghibur. Penulisnya memberikan gambaran tentang ciri, ragam, dan perkembangan batik pesisir.

Buku ini juga lebih mengeksplorasi keindahan yang mengundang kekaguman pembaca akan batik pesisir yang kaya ragam. Walau demikian, buku ini tetaplah sangat menarik, sangat pantas dijadikan buku pegangan jika anda sangat mencintai Batik Pesisiran.

 

Penulis : Pasattimur Fajar Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *