Kampung Batik Betawi Terogong, Bertahan di Tengah Kawasan Elit

Jakarta sebagai salah satu daerah yang terletak di pesisir pantai utara Pulau Jawa juga mempunyai kerajinan tangan berupa Batik Betawi. Motif dan corak yang dimiliki Batik Betawi juga tidak berbeda jauh dengan batik pesisir lainnya seperti Cirebon dan Pekalongan.

Tidak seperti di dua daerah tersebut, di Jakarta sentra industri Batik Betawi saat ini pun sudah mulai punah dan sulit ditemukan di balik perkembangan kesar ibukota. Para perajin yang dahulu banyak sekali di daerah Jakarta satu persatu mulai hilang tanpa bekas dan Batik Betawi pun terancam punah karena tidak ada lagi pengerajin yang memproduksinya.

Namun saat ini para pecinta dan penggemar batik khususnya Batik Betawi masih beruntung bisa melihat salah satu jenis batik pesisir tersebut. Melalui tangan warga Betawi asli, Siti Laela, saat ini sudah ada Kampung Batik Betawi di kawasan Terogong, Jakarta Selatan.

Wanita yang memang tumbuh dan besar dari keluarga pembatik ini sudah merintis Kampung Batik Betawi sejak 2012 lalu di Terogong. Dia bersama enam saudaranya memang tergerak untuk bisa melanjutkan tradisi membatik yang sudah dilakukan para leluhurnya khususnya Batik Betawi yang saat ini sudah terancam musnah.

“Tujuannya kami untuk melestarikan batik khas Betawi yang sudah hampir punah ini dan juga untuk membangkitkan kembali pamor batik tersebut,” kata dia, kepada Kompasiana.

Perjuangan Laela dengan enam suadaranya untuk merintis Batik Betawi ini memanglah tidak mudah. Pertama kali pada 2012 silam, dia pun mencoba untuk menelusuri informasi keberadaan batik Betawi di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sayangnya keinginan dia untuk mendapatkan informasi berharga mengenai batik Betawi tidak diperolehnya karena di ANRI sudah tidak ada lagi arsip mengenai Batik Betawi.

“Semua jenis batik dari berbagai wilayah di Indonesia semua di ulas dalam sebuah buku. Namun tidak ada satu pun penjelasan tentang Batik Betawi. Bahkan tidak ada satu kata menyebut nama Batik Betawi,” ujarnya.

Namun wanita yang merupakan pengerajin batik kecil ini tak mau menyerah meski sudah tidak ada lagi dokumentasi mengenai batik di ANRI, Laela pun nekad tetap mendirikan Kampung Batik di Terogong yang berada di kawasan elit Pondok Indah.

Saat ini, di tempat Kampung Batik Betawi Terogong yang dikelola Laela sudah bisa dilihat langsung tahap demi tahap proses membatik. Hingga kini tempat itu juga sudah mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang ingin mengetahui proses pembuatan batik Betawi.

Sumber: kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *