Wow, Karawang Ternyata Punya Green Canyon

Bagi kamu yang bosan dengan tampat wisata yang itu-itu saja, sekarang bisa menikmati wisata alam Green Canyon.

Lho, Green Canyon bukannya ada di Amerika? Tenang saja ini bukanlah Green Canyon yang seperti ada di Negeri Paman Sam. Green Canyon ini merupakan sebuah ngarai sungai yang terbentuk dari proses erosi tanah akibat alisan sungai yang mengalir selama ratisan tahun dan membentuk tebing dengan stalaknit-stalaknit.

Lokasi wisata yang bisa dibilang baru ini beralamat di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangalan Loji, Kabupaten Karawang. Green Canyon ini tepatnya berada di ujung selatan Kabupaten Karawang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Bagi kamu yang tinggal di Jakata perjalanan menuju ke Green Canyon Karawang membutukan waktu sekitar empat jam dengan kendaraan pribadi.

Namun objek wisata Green Canyon Karawang ini yang terbilang masih baru ini sangat minim petunjuk untuk mencapainya. Selain itu jalan menuju ke lokasi wisata tidak terlalu besar hanya muat untuk satu mobil saja.

Awalnya Green Canyon Karawang merupakan tempat wisata penduduk sekitar saja. Namun perlahan dengan berkembangnya teknologi informasi, wisata alam ini mulai menyebar dan meluas tidak hanya masyarakat Karawang saja yang berkunjung ke sana. Sehingga pada hari libur biasanya lokasi wisata ini dipadati oleh wisatawan.

Ngarai sungai yang membentuk Green Canyon Karawang ini juga cukup panjang, kurang lebih 100 m dengan diapit tebing berbatuan setinggi sekitar 10 m dibkanan dan kirinya.

Suasana indah dan sejuk mendominasi objek wisata Green Canyon ini.
Tidak seperti Green Canyon yang berada di Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Green Canyon di Karawang ini bisa kamu telusuri dengan berjalan kaki tanpa menggunakan perahu. Berjalan menyelusuri ngarai sungai sambil menikmati air yang jernih, tenang dan sejuk sangatlah mengasyikkan.

Bagi kamu yang ingin memacu andrenaline bisa melompat dari tebing setinggi sekitar 10 m ke air, ke dalam air sungai juga cukup dalam. Namun kamu yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir karena banyak sekali penyewaan pelampung dan ban yang disediakan warga sekitar.

Tempat wisata Green Canyon Karawang yang masih tergolong baru ini, membuatnya tidak ada tiket masuk resmi. Hanya saja ada tarikan iuran dari swadaya masyarakat sekitar yang tidak terlalu besar dan membayar tempat parkir untuk kendaraan. So, jika anda ingin menikmati sungai yang sejuk dan bersih cobalah datang ke Green Canyon Karawang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *