Cara Mudah Membedakan Batik Asli dan Palsu

Batik merupakan sebuah karya seni bermutu tinggi yang dibuat oleh para pengerajin di atas sehelai kain. Kualitas dan keorisinilan batik pun sangat dijaga dengan baik hingga saat ini. Namun dengan kemajuan teknologi yang ada, di pasaran juga banyak kain bermotif batik yang dijual.

Apa itu kain bermotif batik? Kain bermotif batik merupakan kain yang di sablon maupun di print sehingga kain tersebut menampilkan corak batik. Dengan kata lain kain bermotif batik ini merupakan produk aspal (asli palsu), asli karena motifnya mirip batik dan palsu karena tidak dikerjakan dengan proses yang semestinya.

Berikut lima cara membedakan batik asli dan aspal ini.

Perhatikan Batik Sebelum Membeli
Sebelum kamu membeli batik coba perhatikan kain batiknya terlebih dahulu. Pada batik tulis maupun cap warnanya lebih natural, kuat dan solid. Sementara pada kaim bermotif batik warnanya lebih buram, tidak solid dan tidak alami karena menggunakan pawarna kimia. Selain itu pada batik asli biasanya motif dan coraknya tidak beraturan dan kurang rapih karena pengerjaannya dengan menggunakan tangan. Sementara kain bercorak batik lebih rapi dan tanpa cacat karena menggunakan mesin dalam pengerjaannya.

Cium Kain Batik yang Akan di Beli

Pada kain batik asli yang proses pewarnaannya menggunakan malam atau lilin permukaan kainnya masih tertinggal aorma lilin. Sementara pada batik print dan sablon yang tercium hanyalah pewarna kimia yang bahkan tidak mempunyai bau lagi karena sudah melalui proses pencucian dengan bahan kimia juga.

Rabalah Kain Batik
Saat kamu ingin membeli batik cobalah raba kain batik sebelum membelinya. Kain batik asli biasanya sangat halus dan mudah sekali jatuh. Sementara pada batik print atau sablon lebih kaku, karena kain bermotif batik menggunakan pewarna kimia yang menyerap ke celah-celah kain. Kemudian pada batik asli, malam yang digunakan untuk membuat motifnya cenderung timbul di permukaan kainnya sehingga sedikit terasa saat diraba dengan tangan.

Lihat Sisi Belakang Kain Batik
Pada batik asli sisi depan dan belakangnya akan mempunyai motif dan warna yang sama. Sementara itu kain bermotif batik kedua sisinya berbeda jauh dan biasannya sisi belakang jauh lebih buram.

Harga Pasti Berbeda
Terakhir yang membedakan batik asli dengan kain bermotif batik yakni dalam segi harga. Batik asli lebih mahal karena dalam waktu pengerjaannya membutuhkan waktu lama dan tidak sebentar. Sementara itu, kain bermotif batik waktunya sangat singkat terlebih lagi jika menggunkan mesin print kain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *