Mau Mandi Air Panas Alami di Batu? Kunjungi Tirta Nirwana Songgoriti

Kota batu, Malang, Jawa Timur memang merupakan tempat yang terkenal dengan potensi wisatanya. Nah, salah satu objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi di sini adalah Pemandian Tirta Nirwana Songgoriti.

Nama Songgoriti diambil dari bahasa Jawa Kuno yang berarti Timbunan Logam. Songgoriti juga diperkirakan memiliki hubungan dengan Desa Songgokerto, tempat berlokasinya sebuah candi di sekitar pemandian. Nama ini juga masih berkaitan dengan prasasti yang letaknya tak jauh dari candi, yaitu Prasasti Sangguran atau Batu Minto. Karena itulah di sini Anda juga bisa menikmati objek wisata sejarah yaitu Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit.

Songgoriti adalah pemandian air panas alami yang mengandung belerang. Di sini ada danau air panas dan kolam air panas yang bisa Anda gunakan untuk mandi. Selain mandi air panas, di Songgoriti Anda juga dapat menikmati wahana lainnya seperti outbond serta taman-taman mempesona.

Jangan hawatir untuk Anda yang kehabisan stok makanan atau keperluan pribadi saat berada di lokasi karena di wisata Songgoriti ini tersedia pasar untuk kebutuhan para wisatawan, yaitu Pasar Wisata Sanggoriti Batu. Di sini Anda dapat membeli oleh-oleh sebagai hadiah kecil keluarga dirumah. Pasar ini memang menjual beberapa kerajinan tangan dan suvenir yang diproduksi sendiri oleh penduduk kawasan Songgoriti.

Taman wisata Songgoriti terletak di Jl. Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Batu, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi ini aksesnya sangat mudah dilalui karena letak yang strategis, yaitu terletak diantara jalan Songgoriti dan jalan Arumdalu Batu.

Jika dari Kota Malang jaraknya sekitar 21 km. Tetapi bila Anda berangkat dari arah alun-alun Kota Batu, maka jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 2  km saja. Letaknya yang berada di daerah perbukitan pada ketinggian 500 m di atas permukaan laut membuat Songgoriti memiliki udara yang sejuk.

Objek wisata ini dibuka pada pukul 07.00 hingga 17.00. Sekitar 100 m dari gerbang utama, terdapat tempat pembelian karcis atau tiket masuk. Biaya masuk ke wisata Songgoriti adalah Rp. 10.000 per orang, tetapi jika rombongan masing-masing dikenakan tarif 75% dari harga biasanya.

Fasilitas tambahan yang ada di lokasi hotel dan pemandian Songgoriti antara lain terdapat kamar hotel, lapangan parkir yang luas, mushola, restoran, asrama karyawan, dan dua lapangan tenis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *