Pantai Plengkung, Surga Peselancar di Ujung Jawa

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai di Banyuwangi yang popularitasnya sudah mendunia. Hal ini karena Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat besar dan tinggi sehingga banyak menarik peminat untuk berselancar. Dengan ketinggian ombak mencapai 4-8 m dan panjang 2 km, menjadikan Pantai Plengkung ini sangat mendukung kegiatan surfing. Bahkan Pantai Plengkung juga diakui sebagai spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan ombaknya termasuk salah satu dari 7 ombak terbaik di dunia.
Pantai ini begitu digemari para peselancar dari luar negeri. Dari para peselancar asing ini kemudian muncul sebutan G-Land karena pantainya melengkung mirip huruf G. Kisah pantai G-land ini pertama kali ditemukan oleh rombongan wisatawan asing tahun 1972. Ketika itu rombongan wisatawan asing ini melakukan ekspedisi dengan pembagian 2 regu yaitu 2 orang melalui perjalanan rute laut dan 5 orang melalui darat. Dengan segala upaya akhirnya mereka bertemu di Pantai Plengkung untuk melakukan surfing dan mendirikan camp selama 10 hari.

Untuk Anda yang tidak bisa berselancar,  Anda bisa menonton aksi para surfer dari rumah panggung yang disediakan khusus oleh pihak pengelola di pinggir pantai. Anda juga bisa menikmati panorama alam pantai pasir putih. Selain menikmati eksotisme Pantai Plengkung, Anda juga bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo. Beberapa kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti treeking, snorkling, mancing, diving, caving, melihat penangkaran penyu dan sunset di Pantai Plengkung yang indah.

Pantai Plengkung berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju Pantai Plengkung ini Anda bisa berangkat dari arah Banyuwangi dengan rute Banyuwangi-Pasar Anyar-Pos Pancur–Pantai Plengkung. Setelah tiba di pos Pancur Anda harus wasapada sebab jalanan yang mulai tidak mulus. Apabila Anda berangkat dari arah Jember, maka jalur yang harus ditempuh adalah Jember-Krikilan-Genteng-Gambiran-Pancur hingga Pantai Plengkung. Dari arah Bali Anda bisa berangkat menggunakan speedboat sewaan lewat jalur laut dari Pantai Kuta Bali menuju ke Pantai Plengkung.

Memasuki wilayah Taman Alas Purwo, Anda akan dikenakan harga tiket masuk. Untuk masuk ke taman nasional Rp. 5.000, dan untuk menyebrang ke hutan lindung dan tepi pantai laut Rp. 5.000. Untuk melakukan perjalanan ke Pantai Plengkung dari pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo Anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki atau menyewa truk atau pick up yang disewakan dengan harga Rp. 200 ribu. Di Pantai Plengkung ini terdapat fasilitas lainnya seperti bar, restaurant, jangle camp, bungalow dan penginapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *