Ratu Boko, Istana yang Hilang nan Mempesona di Sleman

Meski hanya berupa reruntuhan, Ratu Boko yang diyakini awalnya adalah sebuah istana ini terbilang mempesona. Pasalnya, situs sejarah yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut masih meninggalkan beberapa bangunan dan reruntuhan yang menarik untuk kita saksikan. Bahkan saking mengesankannya, situs yang berada di ketinggian 196 m di atas permukaan laut ini sering dijadikan lokasi pre wedding dan juga pembuatan film.

Keunikan situs Ratu Boko nampak pada jejak peninggalan bangunan sebuah gerbang yang diyakini sebagai pintu utama istana. Di pintu gerbang yang masih terlihat bentuk dan strukturnya ini banyak wisatawan yang melakukan swafoto.

Foto: sarangpenyamun.wordpress.com
Foto: sarangpenyamun.wordpress.com

Selain kegiatan swafoto, di situs yang berada di bukit ini kita bisa menikmati panorama tenggelamnya matahari yang sangat cantik pada sore hari. Di sebelah barat kawasan seluas 25 hektar ini kita juga bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta, candi Prambanan, serta gunung Merapi dari kejauhan. Situs kompleks istana Ratu Boko ini memang tidak jauh dari candi Prambanan, hanya berjarak 3 km.

Beberapa hal lain yang bisa dijelajahi di situs Ratu Boko ini yakni stupa Budha dan goa batu yang berada di bagian timur, candi pembakaran, batu bertumpak dan kolam di sebelah tengah serta juga kompleks keputren, pendopo, dan balai di sebelah Tenggara.

Di kompleks Ratu Boko ini Anda tak perlu khawatir soal fasilitas pendukungnya. Sebab obyek wisata bersejarah ini telah dikelola oleh sebuah BUMN dengan sangat profesional. Fasilitas pendukung seperti musholla, parkir, tempat istirahat, toilet, tempat makan, tempat penginapan, bahkan tempat perkemahan tersedia dan terawat dengan baik.

Foto: angkisland.com
Foto: angkisland.com

Bahkan, bagi pelancong yang ingin dijemput oleh pihak pengelola Ratu Boko, pengelola juga menyediakan fasilitas antar-jemput wisatawan dari dan ke candi Prambanan.

Tiket masuk ke situs Ratu Boko juga unik karena ada dua macam tiket. Jenis tiket pertama adalah reguler dengan tarif IDR25.000 (termasuk tarif parkir). Tiket ini berlaku untuk kunjungan mulai dari jam 06.00 pagi hingga pukul 15.00 sore.

Setelah lewat pukul 15.00 sore maka akan dibuka tiket kategori sunset yang harganya lebih mahal, IDR100.000. Maka dari itu bila Anda tidak ingin dikenai tarif mahal, maka Anda harus bisa mendapatkan tiket masuk sebelum pukul 15.00 sore.

Mahalnya tiket masuk setelah pukul 3 sore ini memang dinilai wajar, sebab banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk berburu sunset atau senja yang memang sangat indah ketika sore menjelang petang tiba.

One Comment Add yours

  1. balabhaskar6 says:

    Reblogged this on balabhaska and commented:
    Golden skies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *