Teluk Love, Surga Tersembunyi di Pantai Payangan

Keindahan Indonesia memang tiada duanya. Alamnya yang menyuguhkan panorama mengagumkan membuat negeri ini menjadi surga wisata bagi para pelancong. Satu obyek wisata yang akan membuat Anda terkagum-kagum dengan negeri zamrud khatulistiwa ini adalah Teluk Cinta

Entah kenapa, masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Teluk Love. Teluk ini berada di Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Disebut Teluk Love karena jika dilihat dari sebuah bukit, teluk atau perairan yang menjorok ke daratan ini memang berbentuk sepeti hati atau simbol cinta.

Wisata Teluk Love yang berlokasi di sekitar Pantai Payangan Jember ini sebenarnya terbilang belum terlalu populer. Sebab sebelumnya hampir tidak ada pelancong yang mengetahui ada sebuah panorama indah di kawasan tersebut.

Bahkan sampai sekarang, surga tersembunyi di Pantai Payangan ini masih dikelola oleh penduduk setempat dan belum ada investor yang tertarik untuk membangun fasilitas penunjang seperti penginapan atau restoran. Meski belum direspon oleh pemerintah daerah setempat, Teluk Love tetaplah menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi.

Untuk bisa melihat Teluk Love dan mengabadikan gambarnya, Anda harus mendaki sebuah bukit yang berada di ujung timur pantai Payangan. Meski tidak terlalu tinggi, tapi pendakian bukit yang dikenal dengan nama bukit cinta atau bukit domba ini membutuhkan tenaga dan fisik yang prima.

Setelah sekitar 20 menit pendakian, kelelahan Anda akan terbayarkan dengan panorama Teluk Love yang mempesona.

Karena lokasi Teluk Love berdekatan dengan pantai Payangan, maka Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas di pantai. Tiket masuk ke Teluk Love terbilang sangat murah yaitu sebesar IDR5.000.

Untuk menuju ke Teluk Love Anda bisa melalui jalur Utara Bondowoso atau jalur Barat Lumajang serta jalur Timur Banyuwangi. Jika Anda berangkat dari jalur Utara Bondowoso maka rute yang ditempuh yaitu Bondowoso–Jember–Ambulu–Pantai Payangan (Teluk Love).

Sementara bila Anda berangkat dari jalur Barat Lumajang maka rute yang harus dilalui yakni Lumajang–Tempeh-Yosowilangun–Kencong–Puger–Ambulu–Pantai Payangan (Teluk Love). Sedangkan bila Anda berangkat dari arah Timur Banyuwangi maka rute yang ditempuh yaitu Genteng–Krikilan–Jember–Ambulu–Pantai Payangan (Teluk Love).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *