5 Hal yang Paling Asyik Dilakukan di Sekitaran Danau Toba

Kamu pasti sudah pernah mendengar atau bahkan membuktikan sendiri keindahan Danau Toba, bukan? Ya, peninggalan sejarah di kawasan Sumatera Utara ini didapuk sebagai Monaco of Asia karena memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Jika kamu sudah mempersiapkan tiket dan seluruh perlengkapan untuk menuju ke Danau Toba, ingat untuk melakukan 5 ide untuk menikmati Danau Toba dan sekitarnya untuk liburan yang paling mengesankan :

Berendam ke Air Terjun Binangalom, Samosir

toba

Air terjun Binangalom atau sering juga disebut Situmurun merupakan salah satu pesona alam di Samosir, Danau Toba yang paling dicari oleh para pelancong. Dari ketinggian yang memukau, curahan air akan jatuh dan bermuara ke sebuah danau air segar yang cocok untuk sekedar berendam atau bahkan memancing ikan.

Air Terjun Binangalom letaknya persis berada di pinggir Danau Toba, tepatnya di Kecamatan Lumban Julu, kota Parapat, Sumatera Utara.

Menjelajahi Gunung Misterius Pusuk Buhit, Samosir

Sumber gambar: wikimedia
Sumber gambar: wikimedia

Terletak dekat bagian Barat dari pulau Samosir di lokasi Pangururan, Pusuk Buhit adalah gunung keramat bagi suku Batak. Konon Raja Batak pertama dilahirkan di Pusuk Buhit sehingga tempat ini sering dikunjungi sebagai bentuk penghormatan kepada manusia setengah dewa, Sang Raja dan orang Batak pertama.

Yang pasti, stamina harus dipersiapkan karena mendaki puncak gunung Pusuk Buhit cukup melelahkan. Namun, rasa lelah pasti akan terbayar dengan hamparan hijau pemandangan alami yang luar biasa.

Mengintip Kebudayaan Lokal di Museum Batak, Tomok

Sumber gambar: poskonews.com
Sumber gambar: poskonews.com

Sejarah dan kebudayaan Batak yang kaya bisa dinikmati secara leluasa di Museum Batak yang juga merupakan rumah peninggalan mendiang Raja Sidauruk.

Terletak di Simanindo sekitar 20km dari Tuk-tuk, pengunjung cukup membayar Rp 50.000 untuk menelusuri lokasi turis yang sering diminati oleh turis- turis mancanegara. Di museum ini, terdapat atraksi dan pertunjukkan sejarah seperti tari tradisional dan wayang Sigale gale. Siap- siap untuk terpukau akan keunikan dari nilai tradisional khas Batak.

Melihat Batu Gantung di Prapat

toba-1

Sesuai namanya, Batu Gantung bisa dilihat saat kamu melintasi perairan Danau Toba. Batu Gantung ini menyerupai seorang perempuan yang tergantung dari dinding terjal dari pegunungan tinggi.

Konon nama kota Prapat ini didapat dari ucapan perempuan tersebut yang terus mengatakan “ Parapat” sewaktu tergantung dan akhirnya harus tewas karena gagal diselamatkan. Menarik dan misterius sekali yah?

Berbelanja Pernak- Pernik di Pekan Tiga Raja

Jangan pulang sebelum sudah berkeliling di pasar suvenir Pekan Tiga Raja. Berbagai kerajinan tangan, sayuran dan buah- buahan segar menanti pengunjung setiap akhir pekan untuk buah tangan yang berkesan saat berkunjung di Prapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *