Kampus Butik, Kap Lampu Berhias Motif Batik

Dari rasa prihatin dan sedih beberapa mahasiswa Brawijaya akan menurunnya minat masyarakat pada batik, mereka berinisiatif membuat produk kerajinan dengan basis batik bernama Kampus Butik.

Kampus Butik merupakan kependekan dari Kap Lampu Hias Bahan Bambu Motif Batik. Sesuai namanya, para pembuat Kampus batik mengaplikasikan seni batik pada bambu yang berwujud kap lampu.

Selain untuk menumbuhkan minat masyarakat pada batik, Kampus Butik juga diciptakan dengan tujuan mengurangi kerusakan lingkungan. Bambu dipercaya sebagai kayu yang lebih mudah diperbaharui dan lebih lestari ketimbang kayu biasa yang saat ini jumlahnya semakin berkurang.

Menariknya lagi produk Kampus Butik dibuat lebih bernilai lagi oleh para mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya dengan mengkonsepnya sebagai ide wirausaha.

Sumber foto: prasetya.ub.ac.id
Sumber foto: prasetya.ub.ac.id

Para mahasiswa yang menciptakan Kampus Batik ini antara lain Zulfa Rahmawati, Addinia Nur Ar Rachmah, Haryo Adityo dan juga Feri Setiawan. Saat itu mereka mengangkat tema usaha Kampus Batik (Kap Lampu Hias Bahan Bambu Motif Batik) sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Indonesia dalam memenuhi tugas yang dibimbing oleh Dr. Ir. Hartati Kartikaningsih, MS.

Hebatnya dari tugas kampus ini Zulfa dan teman-temannya saat ini telah mampu menjadikan produk Kampus Butik ini tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan bisnis Kampus Butik ini pada akhirnya sekarang telah mampu menarik banyak mitra usaha dari kota Malang dan luar kota Malang untuk bekerjasama memasarkan produknya.

Untuk Anda yang tertarik dengan produk kap lampu Kampus Butik ini Anda bisa memilikinya dengan harga yang terbilang terjangkau yakni antara harga IDR60.000 sampai IDR70.000.

Zulfa bersama timnya berharap Kampus Butik dapat terus bertumbuh dan juga bisa mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Rencana para mahasiswa Brawijaya ini memang sudah mantap untuk menciptakan lapangan kerja dengan Kampus Butik sehingga setelah mereka lulus nanti tidak perlu lagi mencari pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *