Mau Memadukan Batik Pastel? Baca Dulu Ini

Dalam dunia fesyen, tren dan gaya berpakaian selalu datang silih berganti. Pada tahun 2016, angin segar di dunia batik datang dari tren baru, yaitu batik berwarna pastel.

Dengan dominasi warna muda yang amat berbeda dari pendahulunya, batik pastel semakin mencuri perhatian peminat kain batik di tanah air. Batik yang dulunya identik dengan warna- warna gelap seperti coklat, merah bata, atau warna- warna dominan lainnya mendapatkan pencerahan dengan warna- warna yang sama sekali berbeda.

Sumber gambar: cottonink.co.id
Sumber gambar: cottonink.co.id

Warna- warni indah yang menghiasi pola batik ini diyakini akan menjadi pilihan busana batik yang lebih kasual dan tetap gaya untuk aktivitas sehari- hari. Anak muda yang dulunya mungkin enggan berbusana batik, juga kini memiliki alternatif berbatik yang lebih fresh, gaya, dan tentunya modern, atau dalam bahasa sekarang disebut kekinian.

Tren batik pastel memberikan suatu ide bahwa inovasi di batik terus berubah dari waktu ke waktu. Dengan twist pastel yang segar, kain nusantara Indonesia ini memiliki segudang potensi untuk diolah, dikembangkan, serta diluncurkan lagi ke masyarakat Indonesia dengan wajah-wajah baru yang selalu mengikuti perkembagan tren dunia.

Brand lokal juga mulai berani bermain di batik dengan mengusung tema batik pastel ini. Duo desainer dari Cotton Ink, Ria Sarwono dan Carline Darjanto, yang menyediakan banyak keluaran produk fashion ready to wear juga telah pernah mengusung beberapa desain dress dan atasan batik dengan tema warna pastel yang memikat.

Tren palet pastel dipastikan masih akan terus bergaung kencang hingga tahun 2017 lainnya. Desainer kondang dalam negeri Ivan Gunawan, juga baru saja merilis pagelaran fesyen di akhir tahun 2016 ini.

Motif kombinasi bunga, batik, songket, dan aneka tenun warna cerah tertuang indah dalam koleksi hijab Ivan Gunawan For Zoya. Ditemui usai pertunjukan, Ivan mengungkapkan bahwa sudah waktunya Indonesia mengangkat kembali kekayaan dan budaya yang beragam.

Menurutnya, warisan budaya Indonesia tidak kalah indah dibandingkan negara lain. “Tahun ini mengambil tema citra Indonesia. Kita ini punya keanekaragaman motif. Bagaimana kita mengaplikasikan sesuatu yang tradisional tapi dengan look masa kini,” ucap Ivan seperti dikutip detik.com

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudah siap menambah koleksi batik Anda di rumah? Bangga berbatik berarti bangga menjadi warga Indonesia. Selamat berbatik ala pastel yang menggoda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *