Inilah Madakaripura, Air Terjun Tertinggi Di Pulau Jawa

Mengunjungi air terjun tertinggi di pulau Jawa tentu saja akan sangat menarik. Dengan ketinggian 200 meter, air terjun ini memang akan membuat siapapun terpana. Air terjun yang bernama Madakaripura ini berada di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tepatnya di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang.

Dari kawasan wisata Gunung Bromo, lokasi air terjun Madakaripura ini tidak terlalu jauh. Anda yang berkunjung ke Bromo sangat tepat bila  juga mengunjungi air terjun yang eksotik ini.

Dibalik nama Madakaripura ini ada sebuah cerita tentang kejayaan kerajaan Majapahit dengan mahapatih Gajah Mada yang telah mempersatukan Bumi Nusantara. Air terjun Madakaripura diyakini pernah menjadi tempat pertapaan terakhir maha patih Gajah Mada untuk menenangkan diri setelah peristiwa perang Bubat. Dari nama Gajah Mada inilah maka kemudian lahirlah sebutan air terjun Madakaripura.

Keeksotikan air terjun ini bukan hanya terletak pada ketinggiannya, namun  juga pesona alam dan juga nuansa petualangan yang ada di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun. Ketika sudah sampai di parkiran atau pintu masuk, Anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km.

Dalam perjalanan menuju air terjun inilah kita akan melihat banyak pemandangan alam yang mempesona, seperti keindahan tebing dan juga ngarai menjelang air terjun. Di ngarai ini ada sebuah air terjun kecil yang percikan airnya akan membasahi Anda saat melewatinya. Sungguh sejuk.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun, Anda akan merasakan sensasi petualangan yang cukup memacu adrenalin. Sebab, ada beberapa medan yang terbilang berat untuk dilewati, seperti banyaknya trek yang berbatu dan licin. Tidak hanya itu, menjelang tiba di air terjun Anda juga akan menyusuri sungai yang cukup dalam yang di atasnya ada kucuran air tejun kecil.

Karena lintasannya yang lumayan menantang inilah, masyarakat sekitar banyak yang menyewakan jasa guide dan jasa membawa tas yang akan mengantar pengunjung sampai ke air terjun dengan aman dan nyaman. Kita bisa menggunakan jasa mereka di pintu masuk.

Sumber foto: canuckabroad.com
Sumber foto: canuckabroad.com

Setelah melewati perjalanan yang cukup menantang tadi, Anda akan langsung disambut dengan panorama yang mengagumkan.

Bagaimana tidak, dengan adanya sumber air Madakaripura terjun dari ketinggian 200 m maka membuat kita langsung terpana. Air terjun Madakaripura yang dikelilingi tebing disekitarnya makin membuat pesonanya semakin eksotik. Belum lagi jika Anda ke sini saat cuaca cerah, maka Anda juga akan berpeluang melihat munculnya pelangi yang begitu indah.

Tidak perlu berkegiatan yang aneh-aneh untuk bisa menikmati air terjun ini, cukup dengan mandi, berenang, atau hanya sekedar memandang kehebatan ciptaan Tuhan itu, hati Anda sudah merasa begitu bahagianya.

Sumber gambar :

  1. http://wisataterbaru.com/
  2. http://www.canuckabroad.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *