International Batik Center, Tempat Belanja Batik Termodern

Selain pasar Setono yang menjadi kiblat bisnis batik Pekalongan, sejak 2012 lalu di kota batik itu terdapat juga International Batik Center (IBC). IBC saat ini sudah mendapat tempat di hati para pencinta batik.

IBC terletak di daerah Wiradesa, sekitar 15 menit dari Kota Pekalongan ke arah barat. IBC mempunyai desain dan tata letak yang modern dan nyaman bagi wisatawan.

Memasuki IBC, kita akan disambut oleh tugu canting yang megah serta pendopo yang luas untuk beristirahat. Di sekitar pendopo juga ditumbuhi taman hijau dan bunga-bunga yang tentunya menambah kenyamanan Anda. Area parkir juga sangat luas, baik di depan maupun di area belakang gedung yang berdekatan dengan pusat dagang kuliner.

Sangat mudah dan nyaman bagi wisatawan untuk dapat mengakses toko-toko batik di IBC. Ada sekitar 300-an toko batik yang tersebar rapi di beberapa blok seluas 4,5 hektar. Di bagian depan ada tempat khusus yang berpendingin ruangan untuk toko kelas premium. Sektor ini juga kerap digelar pameran batik dan kerajinan.

Di area pameran tersebut, pengunjung dapat belajar segala hal soal batik sebelum mulai berburu batik. Di area belakang dan samping adalah toko-toko batik umum untuk kualitas menengah.  Cara tiap toko menyajikan produknya juga sangat rapi dan menarik yang tentunya memudahkan para pembeli untuk dapat memilih batik yang disukainya. Tidak hanya menjual batik, namun ada juga beberapa barang kerajinan tradisional yang dijual di IBC.

Walau dari penampilannya IBC terkesan lebih eksklusif dari pasar Setono, namun jenis batik yang dijual tetap beragam, dari batik kelas premium hingga kualitas menengah dan biasa. Sama seperti di pasar Setono, kita juga bisa menemukan batik printing di IBC. Anda harus menanyakan lebih dulu kepada penjual soal jenis batik yang dijajakan, tulis, cap, atau printing.

Sebagai catatan tambahan, batik printing bukanlah batik asli. ‘Batik’ model itu hanya produk tekstil biasa bermotifkan batik yang biasanya mempunyai harga sangat murah.

Untuk urusan harga, IBC juga menawarkan rentang harga yang menarik. Walaupun memang harganya lebih tinggi dari Pasar Setono, namun cukup sebanding dengan kualitas batik dan segala fasilitas serta kenyamanan yang ditawarkannya. Di IBC, Anda juga dapat menawar sekitar 10-20 % lebih rendah dari harga yang ditawarkan.

Selamat berwisata belanja…

 

Penulis : Pasattimur Fajar Dewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *