Siapa Bilang Kain Mori Cuma ada Satu? Baca Dulu Ini

Salah satu perlengkapan atau komponen utama dalam pembuatan batik adalah kain mori. Secara umum kain mori ini ada dua jenis yaitu kain mori belacu yang belum diputihkan dan kain mori yang telah melewati proses pemutihan (bleaching).

Selain itu, seperti jenis kain-kain lainnya, kain mori juga dibedakan berdasarkan bahan dan juga kualitasnya. Berdasarkan bahannya, kain yang berwarna putih ini terbagi menjadi kain mori bahan polyester, sutra, rayon dan katun.

Bagaimana pembagian mori berdasarkan kualitasnya?

Kain Mori Primissima

Ini adalah kain mori dengan kualitas terbaik. Kerapatan benang mencapai 100-120 per inchi (42-50 cm) dan juga mempunyai konstruksi benang Ne 50-56 serta juga kepadatan (tetel) benang lusi 105-125 per inch (42-50 cm). Beberapa merek yang mori primissima yang terkenal antara lain Crown, Bendera, dan Kereta Kencana.

Kain Mori Voilissima

Kain ini bisa dibilang selevel dengan kain mori primissima. Kedua jenis kain itu sama-sama melalui proses finishing Mercerized-Sanforized. Perbedaannya, mori voilissima bertekstur lebih tipis. Kain yang sering pula dimanfaatkan untuk membuat aksesoris pakaian ini diproduksi menggunakan bahan benang katun combed dengan konstruksi kain 88 x70 dan komposisi CM50 x CM50.

Kain Mori Prima

Kain ini memiliki kandungan kanji kurang lebih 100 % dan juga memakai benang Ne 36-46. Tak heran jika kain ini terasa lebih kasar dan memiliki tingkat ketebalan benang yang lebih rendah. Umumnya kain mori prima digunakan untuk batik cap. Beberapa merek yang memproduksi kain mori prima antara lain Ayam Mas, Gong, Menjangan, Bendera, dan Kupu.

Kain Mori Biru

Dengan penggunaan konstruksi benang Ne 26-34 untuk benang pakan dan Ne 28-36 untuk benang lusi menjadikan kain mori biru menjadi kain mori dengan kualitas yang rendah. Kualitas rendah dari kain mori biru ini terlihat dari tekstur kain yang kasar dan tebal. Beberapa merk yang menghadirkan kain mori biru yaitu Nanas, Garuda Dunia dan Cendrawasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *