Batik Cirebon yang Berjaya di Azerbaijan

Indriya R.Dani, seorang penulis, dosen, dan desainer asal Indonesia mempromosikan batik Cirebon di acara Indonesian Cultural Festival di Baku, Azerbaijan. Pameran ini juga menghadirkan beragam kerajinan tangan khas Indonesia.

Seperti dilansir Tribunnews.com, Indriya datang jauh-jauh ke kota Baku dengan membawa tiga motif khas batik Cirebonan. Selain menjual, Indriya juga mensosialisasikan makna dari batik  Cirebonan yang lekat dengan ajaran Islam.

Motif Megamendung misalnya. Motif ini memiliki makna 9 tingkat ajaran tasawuf. Dari batik ini kita bisa belajar bagaimana mendekatkan diri kepada Tuhan.

Baca juga:

Banyak yang Tahu Batik Trusmi, Tapi Tak Banyak yang Tahu Dimana Trusmi

Who is Go Tik Swan?

Ada juga batik Cirebonan bermotif Kapilaya. Motif ini merupakan perlambang kehidupan dalam Islam yang harus menekuni ibadah sejak lahir sampai wafatnya seorang Muslim.

Indriya juga memperkenalkan batik motif Tumbak yang merupakan refleksi Tauhid antara Allah SWT, Rasulullah SAW, dan manusia. Hal ini harus berpegang teguh kepada sumber ajaran Islam yakni Al Quran dan Al Hadis.

Indonesia Cultural Festival sendiri adalah sebuah perhelatan seni dan budaya yang digelar oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Azerbaijan. Pagelaran ini diadakan tanggal 19 hingga 20 November 2016 lalu.

Sumber: Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *