Berwisata Sambil Berkenalan dengan Batik di Pekan Batik Nusantara

Dalam memperingati Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, Kota Pekalongan mempunyai event tahunan yaitu Pekan Batik. Tahun 2016 ini akan diadakan Pekan Batik Nusantara 2016 pada tanggal 4 – 9 Oktober 2016.

Kegiatan akan berpusat di Kawasan Jatayu Pekalongan, sebuah kawasan budaya, dimana berbagai kegiatan akan tersebar di berbagai spot seperti Lapangan Jatayu, Museum batik, dan GOR Jatayu. Akan banyak rangkaian kegiatan yang akan menyemarakkan perayaan ini seperti Pameran Batik Nusantara, Gala Dinner dan Fashion Show Mahakarya Batik Pekalongan, Membatik bersama tokoh, Seminar, Pekalongan Batik Carnival, Theatrikal Batik on the Street, Pagelaran Seni Budaya, Festival Kuliner, Lomba-lomba kreatif, dan masih banyak lagi.

Seperti pada perayaan sebelumnya, Pekan Batik Nusantara 2016 diharapkan semakin meriah. Biasanya event ini banyak dihadiri turis baik domestik maupun mancanegara. Event ini juga sangat mendongkrak perekonomian Kota Pekalongan, khususnya di sektor Industri Batik, dan Pariwisata.

Pameran Batik Nusantara yang menjadi ikon utama kegiatan ini akan menampilkan beraneka ragam batik Nusantara dan 250 an stand penjualan yang menawarkan batik dengan harga terjangkau. Fashion Show dalam kegiatan kali ini akan menampilkan adibusana batik dari beberapa desainer batik terkenal seperti Afif Syakur, Dudung Alisyahbana, Romi, Zikin, dan lain-lain.

Salah satu kegiatan yang paling dinanti adalah Pekalongan Batik Carnival. Kegiatan ini akan menampilkan berbagai kostum yang dimodifikasi semenarik mungkin dengan utama bahan batik. Tidak seperti karnaval kostum di daerah lain, di Pekalongan mensyaratkan batik asli (non printing) sebagai bahan utama kostum.

Selain itu pernak-pernik dekorasi tambahan juga harus menggunakan bahan natural, tidak boleh sintetis. Tema Pekalongan Batik Carnival kali ini adalah tentang pemanfaatan limbah batik berupa perca kain batik yang kemudian disatukan menyerupai motif tambal. Dapat dibayangkan kemeriahan kain batik yang ditampilkan dari sisi kombinasi motif dan permainan warna. Hingga kini telah mencapai 100 peserta karnaval dari umum maupun instansi.

Selain itu itu, masih banyak lagi kegiatan yang menampilkan budaya khas Pekalongan, seperti kuliner khas, pagelaran tari tradisional, sintren, wayang, dan lainnya. Mari datang dan nikmati keseruan perayaan ini di Kota Batik Dunia.

Untuk informasi lebih lanjut : http://www.serbapromosi.id/events/3152-pameran-pekan-batik-nusantara-2016-8th-pekalongan-batik-week-2016-pada-4-9-oktober-2016/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *