4 Titik Terindah di Gunung Bromo yang Harus Kamu Coba

Wisata gunung Bromo adalah salah satu wisata alam yang sangat terkenal tidak hanya di Jawa Timur tapi juga di Indonesia dan bahkan dunia. Bagaimana tidak, di tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat eksotik dan menakjubkan. Beberapa fenomena alam, seperti sunrise dan hamparan kaldera dengan lautan pasir terluas menjadi hal yang bisa kamu temui di kawasan yang terletak di 3 kabupaten, Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang ini.

Dari sini bahkan ada yang menyebut bahwa kawasan wisata Bromo menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi sebelum kamu wafat. Berikut ini beberapa objek serta panorama menarik yang bisa kita nikmati di kawasan wisata gunung Bromo tersebut.

Kawah Gunung Bromo

Sumber foto: zultravel.wordpress.com
Sumber foto: zultravel.wordpress.com

Gunung Bromo yang merupakan gunung aktif dengan ketinggian 2.392 mdpl ini memiliki panorama kawah yang menarik. Untuk menuju ke puncak kawahnya, kamu harus lebih dahulu melewati hamparan lautan pasir dan juga pura Luhur Poten. Setelah berada di lokasi parkiran kendaraan kamu bisa mulai berjalan kaki untuk bisa menuju ke puncak kawah.

Untungnya untuk menuju ke kawah gunung Bromo ada tangga yang telah disediakan. Jumlah tangga yang harus dilalui untuk mendaki sampai ke puncak kawah adalah 250 anak tangga. Nah, setelah berada diatas kamu bisa menikmati panorama kawah Bromo yang terus menerus mengeluarkan asap dan juga pemandangan luas lautan pasir.

Lautan Pasir

Sumber foto: pasuruankabmuseumjatim.wordpress.com
Sumber foto: pasuruankabmuseumjatim.wordpress.com

Lautan yang berada pada kaldera Bromo ini menjadi salah satu obyek yang juga sangat membuat wisatawan takjub. Dengan luas mencapai 5.300 hektar, lautan pasir Bromo menjadi salah satu kaldera dengan pasir terluas di dunia. Keeksotisan lautan pasir Bromo pernah dijadikan tempat utama dalam film berjudul pasir berbisik yang di bintangi oleh Dian Sastrowardoyo.

Sunrise Terindah

Sumber foto: soloraya.com
Sumber foto: soloraya.com

Hal lain yang juga membuat wisata gunung Bromo ini begitu mengesankan adalah adanya pemandangan matahari terbit (sunrise) yang sangat indah. Bahkan para traveler menyebut bahwa sunrise di Bromo adalah salah satu pemandangan sunrise yang terindah di dunia. Untuk menyaksikan panorama ini kamu harus berangkat dari penginapan pukul 03.00 dini hari menuju ke Gunung Penanjakan di sekitaran Bromo. Nah, matahari mulai muncul dari timur di gunung Penanjakan.

Bukit Teletubies Bromo

Sumber foto: pegipegi.com
Sumber foto: pegipegi.com

Bukit teletubies merupakan sebuah area padang rumput (savana) yang berada di sekitar wilayah Gunung Bromo. Medan menuju ke bukit yang terletak di Desa Cemoro Lawang, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo ini terbilang sulit. Maka dari itu untuk bisa mencapainya, diperlukan kendaraan yang stabil dan nyaman guna lancar melintasi lautan pasir.

Selain faktor kendaraan, hal yang tidak boleh dilupakan saat akan menuju ke bukit teletubies adalah cuaca. Pastikan saat kamu ke bukit teletubies ini cuaca dalam keadaan cerah. Sebab jika keadaan hujan maka selain pemandangan yang ada jadi tidak menarik lagi. Selain itu hujan juga bisa menjadikan jalanan makin sulit untuk dilintasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *