Bukan Sembarang Gerakan, Inilah Makna Dibalik Tarian Saman Aceh

Siapa yang tak kenal tari Saman? Tarian yang diambil dari nama salah seorang ulama, yaitu Syeikh Saman ini memang sangat menarik bila kita saksikan. Dengan gerakan yang luwes, cepat namun harmonis, menjadikan tarian yang disebut tari seribu tangan ini selalu memukau penontonnya. Tarian yang menggunakan gerakan umum dalam tarian Melayu kuno ini ternyata juga memiliki makna dibalik gerakannya.

Media Penyampaian Pesan Dakwah

Sumber foto: 2.kebudayaanindonesia.net
Sumber foto: 2. kebudayaanindonesia.net

Tari Saman adalah tarian yang dikembangkan oleh Syeikh Saman dari permainan tradisional rakyar Aceh, yaitu Pok Ane. Ia ingin apa yang ada dalam tarian ini bisa menjadi media dakwah penyebaran agama Islam di Aceh. Maka dari itu Syeikh Saman menggunakan syair atau lagu yang berisi pesan-pesan nasehat, sindiran, pantun, serta dakwah. Salah satu syair dalam tari Saman adalah syair pujian kepada Tuhan. Sebelum pertunjukan dimulai, ada pembukaan yang diberikan oleh pemuka adat atau tua cerdik pandai untuk memberikan beberapa nasehat.

Tarian yang Penuh dengan Pedoman dan Pesan

Sumber foto: 3.gigisecret.blogspot.com
Sumber foto: 3. gigisecret.blogspot.com

Tari Saman mengambil gerakan umum dari tari melayu ini menghadirkan dua unsur gerak, yaitu tepuk tangan dan tepuk dada. Di dalam tarian ini kita akan menumpai lagu dan syair yang dinyanyikan bersama-sama dan berkesinambungan. Syair yang dilantunkan berisi banyak pedoman dan pesan dakwah.

Makna  Kostum atau Busana Pada Tari Saman

Sumber foto: ayodyapala.com
Sumber foto: ayodyapala.com

Tidak hanya dari tarian dan syair-syairnya yang mengandung makna, busana dalam tari Saman juga berisi banyak makna. Di bagian kepala penari Saman ada kain hitam berbentuk empat persegi panjang yang disebut bulung teleng. Ada juga sunting kepies yang merupakan tajuk bunga yang dipakai disebelah kanan kepala dan memiliki fungsi untuk menutup kepala.

Pada bagian badan kita bisa jumpai adanya baju kerawang atau baju pokok berwarna hitam. Baju kerawang ini biasanya disulam benang warna putih, hijau, dan merah, sedangkan pada bagian pinggang disulam dengan kekait dan kedawek. Selain baju kerawang di bagian badan kita juga akan menjumpai celana serta kain sarung.

Pada bagian tangan kita akan mendapati sapu tangan dan topeng gelang.

Penggunaan banyak warna pada kostum tari Saman ini pun memiliki nilai-nilai tertentu yang mencerminkan identitas para pemakainya, selain juga menyimbolkan kekompakan, keharmonisan, kebijaksanaan, keperkasaan, dan keberanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *