Reog Ponorogo, Tarian yang Penuh Kisah Mistis

Kesenian reog Ponorogo selain telah mendunia juga dikenal sangat kental dengan hal-hal berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Tak ayal bila dalam setiap pertunjukannya kita sering melihat ada pemain yang seolah-olah kesurupan. Dalam pertunjukkan Reog Ponorogo juga didapati tarian yang ternyata juga menyimpan misteri.

Berawal dari Permintaan Dewi Songgo Langit

Sumber foto: 1.beritaintrik.com
Sumber foto: 1. beritaintrik.com

Pertunjukan Reog Ponorogo yang penuh dengan misteri berawal dari kisah lahirnya pada sekitar tahun 900 saka. Munculnya pertunjukan Reog Ponorogo bermula dari permintaan putri Kerajaan Kediri Dewi Songgo Langit yang dipinangan Raja Kerajaan Bantarangin, yaitu Prabu Kelono Sewandono. Saat itu Dewi Songgo Langit mengajukan syarat bagi calon suaminya harus bisa menghadirkan suatu tontonan menarik yang diiringi tarian dan tabuhan serta gamelan. Selain itu juga harus ada barisan kuda kembar sebanyak seratus empat puluh ekor dan juga harus bisa menghadirkan binatang berkepala dua.

Reog Adalah Kisah Perjalanan Prabu Kelono Sewandono ke Kediri

Sumber foto: www.beautytour.info
Sumber foto: www.beautytour.info

Saat akan datang ke Kediri untuk meminang sang putri, ternyata romobongan Prabu Kelono Sewandono dihadang oleh Raja dari Kerajaan Lodaya yang bernama Singabarong. Ia juga menaruh hati kepada Dewi Songgo Langit. Dari sini kemudian terjadilah pertempuran yang sengit antara Prabu Kelono Sewandono dengan Singabarong. Nah, kisah perjalanan Prabu Kelono Sewandono ke Kediri untuk meminang Dewi Songgo Langit hingga bertemu dengan Singobarong inilah yang kemudian diabadikan dengan kesenian Reog Ponorogo.

Penggambaran Kisah Prabu Kelono Sewandono dalam Pertunjukan Reog

Sumber foto: 3.www.tokopedia.com
Sumber foto: 3. www.tokopedia.com

Kisah perjalanan Prabu Kelono Sewandono diawali dengan hadirnya sekelompok penari berbaju serba hitam, atau warok yang melakukan olah kanuragan. Setelah itu muncul para jathil yang merupakan prajurit berkuda dan merefleksikan pasukan dari Kerajaan Bantarangin. Lalu muncul penari bertopeng yang memiliki gerakan khas lincah yang disebut Ganongan. Penari bertopeng ini mewakili patih kerajaan Bantarangin, Pujangga Anom alias Bujang Ganong. Di tengah barisan pertunjukan muncul sosok yang mewakili Prabu Kelono Sewandono dimana kehadirannya biasanya diiringi tembang yang menggambarkan percakapan antara sang raja dengan patihnya.

Munculnya Singobarong Atau Dhadhak Merak

Sumber foto: 4.rininrhyti.wordpress.com
Sumber foto: 4. rininrhyti.wordpress.com

Puncak dari pertunjukan Reog Ponorogo adalah hadirnya Singobarong atau Dhadhak Merak yang digambarkan sebagai makhluk berkepala singa dengan bulu merak di atas kepalanya. Selain diakui sebagai topeng terbesar dan terberat di dunia, Singobarong atau Dhadhak Merak pada juga dianggap sebagai tari topeng terbesar di dunia. Cara memainkan topeng Singobarong ini sangat unik yaitu dengan mengigit bagian belakang topeng. Ada ritual khusus untuk memakai dan memainkan topeng Singobarong yang bisa mencapai 50 kg ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *